NASA Pilih 3 Perusahaan untuk Misi Pendaratan di Bulan

Misi Pendaratan di Bulan

TOPMETRO.NEWS – Misi pendaratan di bulan, NASA telah memilih tiga perusahaan. Hal ini untuk mengembangkan pendarat Bulan baru yang akan membawa para astronot ke permukaan bulan pada tahun 2024 mendatang.

Misi Pendaratan di Bulan2
foto | suara

Misi Pendaratan di Bulan Program Artemis

Badan antariksa nasional Amerika Serikat itu mengumumkannya pada 30 April dan resmi memberikan kontrak kepada SpaceX, Blue Origin, dan Dynetics untuk merancang dan membangun sistem pendaratan manusia di Bulan dalam program Artemis.

“Ini adalah pertama kalinya sejak era Apollo bahwa NASA memiliki dana langsung untuk sistem pendaratan manusia dan sekarang kami memiliki perusahaan yang dikontrak untuk melakukan pekerjaan demi program Artemis,” ucap Jim Bridenstine, Administrator NASA, seperti diberitakan suara yang dikutip dari Space.com.

Bantu Jelajahi Mars

SpaceX tengah mengembangkan kendaraan Starship yang akan membantu menjajah Mars dan memungkinkan berbagai eksplorasi ambisius lainnya. Starship akan meluncur dari Bumi di atas roket Super Heavy.

Blue Origin akan memimpin beberapa mitra seperti Lockheed Martin, Northrop Grumman dan Draper untuk membangun sistem tiga tahap yang mencakup descent vehicle, ascent vehicle dan transfer stage. Sedangkan Dynetics akan membangun sistem dua tahap.

Proyek 10 Bulan

NASA akan bekerja dengan ketiga perusahaan ini selama 10 bulan dan melakukan peninjauan untuk menentukan perusahaan mana yang akan melakukan misi demonstrasi lebih dulu. NASA juga akan memilih satu atau dua perusahaan untuk mematangkan sistem dan menerbangkan misi pengujian tambahan.

ARTIKEL UNTUK ANDA | Untung Ada TNI, Bersama Warga, NKRI Utuh Terjaga

Peluncuran program Artemis sendiri berfokus pada kapsul kru Orion NASA dan roket Space Launch System (SLS) yang akan diluncurkan dari Bumi. NASA juga berencana untuk membangun stasiun luar angkasa kecil di orbit Bulan yang disebut Gateway.

NASA memandang program Artemis sebagai batu loncatan yang akan membawa manusia menuju penjelajahan di Mars pada tahun 2030-an.

BACA SELENGKAPNYA | Astronom Mengklaim Telah Menemukan Planet Pengganti Bumi

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, apakah ada kehidupan di luar Bumi? Lebih ekstrim lagi, apakah manusia bisa pindah ke luar Bumi, atau apakah ada planet pengganti Bumi?

Baru-baru ini, sejumlah astronom mengklaim, telah berhasil menemukan sebuah planet seukuran Bumi yang berpotensi untuk menopang kehidupan. Planet itu bernama ‘Proxima b’ bergerak di Orbit Proxima Centauri berjarak 4,2 tahun cahaya dari sistem solar Bumi.

reporter | Dpsilalahi
sumber | suara/Space

Related posts

Leave a Comment