Bantuan Sembako dari Pemprovsu untuk 42.699 KK Segera Digulirkan ke Karo

masyarakat terdampak Corona

topmetro.news – Kadis Sosial Kabupaten Karo Benyamin Sukatendel menegaskan, sejak mewabahnya Covid-19 melanda wilayah Karo, sejumlah bantuan kepada masyarakat terdampak Virus Corona akan terus bergulir. Baik dari pemerintah pusat, Pemprovsu, dan Pemkab Karo.

“Sebelumnya, BST (bantuan sosial tunai) dari Kemensos RI sebesar Rp600.000/bulan telah disalurkan Bupati Karo Terkelin Brahmana kepada 16.817 KK masyarakat yang terdampak Covid-19. Sedangkan dana APBD Karo tahun 2020 sudah disalurkan kepada 6.144 KK se-Kecamatan Berastagi,” ujar Benyamin Sukatendel, Rabu (13/5/2020) di Berastagi.

Namun, tambah Sukatendel, untuk bantuan dana dari Pemprovsu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sudah melayangkan pemberitahuan terkait adanya bantuan provinsi ke Kabupaten Karo melalui surat No. 104/GTCOVID – 19/V/2020 tanggal 11 Mei 2020.

“Disebutkan dalam isi surat itu, bagi kabupaten/kota ditawarkan dua opsi untuk penyaluran bantuan. Berupa bantuan pangan sembako atau bantuan uang tunai 225.000/KK,” ucap Benyamin.

Merujuk surat ini, katanya, Pemkab Karo mengusulkan ke Pemprovsu agar mengirimkan dalam bentuk bantuan pangan sembako. Dengan jumlah penerima sebanyak 42.699 KK (kepala keluarga). Dengan indeks item barang sembako yang akan dikirimkan, tetap berpedoman nilai jumlah uang Rp225.000 .

Menurut Benyamin, sesuai koordinasi, bantuan pangan sembako tersebut bakal disalurkan berupa beras IR-64/sejenis 10 kg, minyak goreng 2 liter, gula pasir 1 kg, dan mie instan 20 bungkus.

Gudang Sembako

Sementara Plh Ketua Gugus Tugas Ir Martin Sitepu mengatakan, bantuan pangan sembako dari pihak Pemprovsu pasti akan ada. Namun kapan waktunya akan dikirim ke Karo, sesuai hasil koordinasi ke BPBD Medan, saat ini masih dalam posisi dikemas.

Di sisi lain, katanya, untuk dapat memenuhi penampungan bantuan sembako dari Pemprovsu, saat ini sedang dibahas gudang sebelum pendistribusian ke daerah kecamatan sekitarnya.

“Hal ini juga sebagai referensi dalam pengiriman sembako ke Karo oleh Pemprovsu. Semoga dalam waktu dekat ini gudang penampungan sembako dapat kita tentukan titiknya,” pungkasnya.

Dalam paparan itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana, didampingi Wakil Bupati Cory Seriwaty Br Sebayang, Danramil-03/ Berastagi Mayor Inf Jimmi Barus, Kapolsek Berastagi AKP LM Marpaung, Plh Ketua Gugus Ir Martin Sitepu, Camat Berastagi Mirton Ketaren, melepaskan angkutan sembako dalam pendistribusian ke desa-desa Kecamatan Berastagi.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment