Kadisdikbud Batubara Jelaskan Kebijakan Mendikbud RI Soal Dana BOS

pembelajaran di rumah

topmetro.news – “Bagaimana agar pembelajaran di rumah dapat berjalan efektif?” tanya Ilyas kepada peserta kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) se-Kecamatan Datuk Tanah Datar dan Kecamatan Talawi Kabupaten Batubara, Kamis (14/5/2020) kemarin.

Maka dalam kesempatan sama, Ilyas pun menyampaikan sebagaimana kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim terkait pemanfaatan Dana BOS. Bahwa kepala UPTD sekolah diperkenankan menggunakan Dana BOS sebagai kegiatan operasional guru dengan memberikan surat penugasan kepada guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran di rumah sesuai dengan kelas atau mata pelajaran yang diampu guru melalui berbagai media online.

Sementara itu Ilyas juga mengharapkan kepala UPTD sekolah dapat melakukan imbauan melalui surat edaran kepada orangtua tentang pelaksanaan pembelajaran di rumah atau home learning. Ini dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan penularan Virus Corona di sekolah.

Kerjasama Guru dan Orangtua

Di samping melakukan sosialisasi kepada siswa mengenai media pembelajaran secara daring dan tata cara penggunaan media tersebut dan pengendalian serta pengawasan atas pelaksanaan pembelajaran di rumah yang telah ditugaskan kepada guru. Ini semua tidak bisa berjalan baik tanpa dukungan orangtua siswa.

Misalnya orangtua siswa kita memastikan bahwa siswa melaksanakan kegiatan belajar di rumah masing-masing. Dan membatasi izin kegiatan di luar rumah. Apalagi mengajak siswa berpergian ke luar rumah. Dan melakukan koordinasi dengan wali kelas, guru atau sekolah. Serta ikut membantu siswa menerapkan pola hidup bersih sehat (PHBS) di rumah,” katanya.

“Demikian tentunya tanpa keaktifan siswa kita dalam mempelajari bahan atau materi mata pelajaran diunggah guru melalui media yang telah disepakati. Dan siswa kita diharapkan dapat melakukan diskusi dengan guru melalui media online jika masih ada hal yang kurang jelas dari materi yang diberikan,” ucap Ilyas.

Hadir dalam kegiatan rutin K3S tersebut semua Kepala UPTD Sekolah dan operator sekolah dari masing-masing kecamatan. Acara digelar di UPTD SD Negeri 04 Sei Muka Kecamatan Dt.Tanah Datar. Serta di UPTD SD Negeri 04 Padang Genting Kecamatan Talawi Kabupaten Batubara.

reporter | Bima Pasaribu

Related posts

Leave a Comment