Lamhot Sinaga: Seluruh RSUD dan Puskesmas di Bonapasogit Telah Miliki APD

bantuan alat kesehatan

topmetro.news – Anggota Komisi VI DPR RI, Ir Lamhot Sinaga, telah selesai melaksanakan pemberian bantuan alat kesehatan untuk penanggulangan Covid-19 ke sejumlah RSUD dan seluruh Puskesmas di beberapa kabupaten/kota di Dapil Sumut II.

Ada pun bantuan yang telah diberikan adalah: 50 set APD (satu set teridir dari masker, baju, cover, all, kacamata Google, hair set, sarung tangan). Lalu 500 buah APD dispossable, 250 box masker medik, dan 50 pasang sepatu medik. Kemudian 10 paket wastafel, 100 botol handsanitizer, 20.000 buah masker kain/nonmedik, 20 buah pompa disinfektan, dan 1.000 liter disinfektan.

Lima Kabupaten

Pemberian bantuan dilakukan Tim Rumah Aspirasi Lamhot Sinaga, dibantu Relawan Lamhot Sinaga (RELASI). Berlangsung mulai tanggal 14 Mei 2020 sampai 19 Mei 2020 di lima kabupaten. Yakni, Kabupaten Labuhanbatu, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Toba, dan Samosir. Penerima bantuan adalah lima RSUD di masing-masing kabupaten dan 67 puskesmas di 5 kabupaten tersebut.

Lamhot Sinaga melalui sambungan telepon menyatakan, bahwa dirinya ingin hadir langsung untuk memberikan bantuan-bantuan dimaksud. “Namun karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk hadir secara fisik, maka pemberian bantuan saya wakilkan kepada Tim Rumah Aspirasi dan relawan saya,” kata politisi Partai Golkar itu.

Lamhot menambahkan, bahwa pemberian bantuan-bantuan itu dapat dilaksanakan dengan kerjasama dengan mitra kerja mereka di Komisi VI DPR RI. Yaitu Kementerian BUMN.

“Saya ingin memperjuangkan agar RSUD dan seluruh Puskesmas di dapil saya memiliki alat kesehatan yang dapat dipergunakan untuk penanggulangan Covid-19. Paling tidak, saya ingin memastikan seluruh Puskesmas memiliki alat pelindung diri (APD), masker medik, dan alat kesehatan yang dibutuhkan. Saya berharap dengan pemberian bantuan ini, paramedis sebagai ujung tombak penanggulangan Covid-19 dapat bekerja dengan maksimal di berbagai RSUD dan Puskesmas-Puskemas dengan peralatan yang memadai. Di tengah-tengah kelangkaan APD di berbagai rumah sakit, kami hadir untuk membantu melengkapi seluruh RSUD dan seluruh Puskesmas di Bonapasogit dan Labuhanbatu yang saat ini telah lengkap memiliki APD dan peralatan lainnya,” paparnya.

Hadir dalam pemberian bantuan, yaitu, di Humbang Hasundutan diterima langsung Bupati Humbang Hasundutan. Di Toba juga diterima langsung Bupati Darwin Siagian. Sedangkan di kabupaten lainnya diwakilkan kepada Kadis Kesehatan/Direktur RSUD dan kepala-kepala Puskesmas setempat.

Apresiasi Bantuan

Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe melalui Kadis Kesehatan setempat menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Ir Lamhot Sinaga yang telah memberikan bantuan alat kesehatan tersebut.

“Seluruh jajaran kami menyampaikan rasa bangga atas perhatian dan kepedulian Bapak Lamhot Sinaga yang selama ini Beliau selalu memperhatikan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat Kabupaten Labuhanbatu. Bantuan ini akan kami pergunakan sebaik-baiknya untuk penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Lanuhanbatu. Semoga pandemi Covid-19 ini cepat berakhir dan penderitaan masyarakat tidak berkepanjangan lagi,” katanya.

Tidak ketinggalan, paramedis di Puskesmas-Puskesmas yang menerima bantuan juga merasa senang dan bangga diperhatikan oleh seorang anggota DPR RI. “Kami jadi tambah bersemangat untuk bekerja untuk memerangi Covid-19,” kata salah seorang paramedis.

Lamhot Sinaga menambahkan, bahwa dengan usainya pemberian bantuan APD itu, mereka akan bergerak terus untuk berupaya mengurangi beban masyarakat dalam penanggulangan Covid-19. “Dengan ini, kami akan melanjutkan kegiatan. Yaitu pemberian bantuan sembako sebanyak sepuluh ribu paket sembako, yang akan diberikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19,” katanya.

reporter | Jefry Siregar

Related posts

Leave a Comment