Awas Bisa Meledak, Jangan Tinggalkan Hand Sanitizer di Mobil

awas bisa meledak

TOPMETRO.NEWS – Awas bisa meledak jika Anda lengah atau menyimpan penyanitasi tangan antiseptik (hand sanitizer) di mobil. Penelitian menunjukkan hal ini sudah terbukti berbahaya. Cairan yang jamak dibawa orang selama pandemi Covid-19 itu memiliki risiko yang mengkhawatirkan apabila disimpan di tempat panas, seperti mobil yang terjemur di parkiran luar.

Awas Bisa Meledak, Cairaan Mudah Terbakar

Pembersih tangan dimaksud merupakan cairan yang mudah terbakar. Sinar matahari langsung dapat membuatnya meledak.

“Ini mudah terbakar dan menjengkelkan. Jika ventilasi di ruang kecil seperti mobil dan uap dilepaskan, itu bisa meledak,” kata Sherrie Wilson, pensiunan petugas pemadam kebakaran Dallas seperti disiarkan ayobandung yang dilansir dari CBS News, Sabtu (23/5/2020).

awas bisa meledak2

Botol Hand Sanitizer Meledak

Departemen Keamanan Publik Texas berbagi foto dari petugas pemadam kebakaran dengan Western Lakes Fire District di Wisconsin yang menunjukkan kerusakan serius pada pintu samping pengemudi dari sebuah mobil. Insiden itu terjadi akibat meledaknya botol hand sanitizer saat temperatur di dalam mobil mencapai 35 derajat Celsius.

Wilson mengatakan botol hand sanitizer yang berpompa menimbulkan risiko lebih besar karena uap bisa bocor ke dalam mobil saat panas dan menciptakan lingkungan yang mudah terbakar. Wilson menjelaskan, bahan yang mudah terbakar akan berubah menjadi uap dan berbahaya jika itu terjadi di ruang terbatas, misalnya di dalam mobil.

ARTIKEL UNTUK ANDA | Untung Ada TNI, Bersama Warga, NKRI Utuh Terjaga

“Jika kemudian ada pengenalan listrik statis, mungkin tercipta dari gesekan sweater atau jaket, ledakan bisa terjadi,” jelas Wilson.

Selalu Bawa Kemana pun

Ada juga kekhawatiran bahwa meninggalkan penyanitasi tangan dalam mobil panas bisa membuatnya kurang efektif. Saran terbaik dari ahli ialah terus membawanya ke manapun Anda pergi.

“Jika alkohol menguap, pembersih tangan kurang efisien. Alkohollah yang membunuh kuman,” kata Dr Mihaela C Stefan dari Universitas Texas di Departemen Kimia dan Biokimia Dallas.

BACA SELENGKAPNYA | Cegah Corona, Warung Kopi di Aceh Singkil Sediakan Cuci Tangan Antiseptic

Seperti diwartakan topmetro.news sebelumnya, mencuatnya kabar Virus Corona mewabah yang bermula dari China beberapa bulan lalu dan kini menyebar di lebih 178 negara, telah membawa dampak kemana-mana. Masyarakat dunia menjadi merinding dan was-was, tanpa terkecuali Kabupaten Aceh Singkil.

Kabupaten yang berpenduduk sekitar 137 ribu orang ini, juga merasakan dampaknya.

Menurut informasi, wabah virus ini dapat dicegah dengan selalu mencuci tangan. Hal ini pun membuat warung kopi atau tongkrongan di Aceh Singkil ramai-ramai menyedikan tempat cuci tangan steril bagi pengunjung. Salah satunya warung kopi bernama ‘Kupi Raja’.

reporter | Dpsilalahi
sumber\foto | AyoBandung\tribunnews

Related posts

Leave a Comment