Punya Anak Yang Hobi Buka Tutup Pintu Kulkas ? Ini Lho Penyebabnya

TOPMETRO.NEWS – Terkadang orang tua suka kesal dan heran bila melihat si kecil suka buka tutup pintu lemari es. Dan hal itu bisa dilakukan berulang kali dalam satu hari.

“Anak saya baru mau satu tahun, sedang sukanya berdiri-berdiri. Dia suka sekali pergi ke arah kulkas lalu membuka pintunya, berdiri lumayan lama di kulkas,” kata Enggar, seorang ibu beranak satu.

Mengapa bayi dan balita gemar membuka tutup pintu kulkas? Menurut psikolog anak, Najeela Shihab, itu adalah hal yang wajar. Berkali-kali membuka tutup pintu kulkas seolah merupakan kegiatan yang tidak membosankan, si kecil bisa melakukannya berkali-kali, karena dia sedang belajar.

“Mengulang-ngulang melakukan sesuatu itu bagian yang wajar dari proses belajar. Jadi mengapa melempar sesuatu sampai diulang, baca buku cerita juga maunya diulang-ulang terus, dan buka kulkas sendiri yang kitanya liat saja udah bosen tapi anak nggak, ya itu cara belajarnya batita,” papar Najeela dalam sebuah perbincangan beberapa waktu lalu.

Perempuan yang akrab disapa Ela itu menambahkan, jika hal yang dilakukan anak bisa menyebabkan bahaya atau menimbulan kekhawatiran, seperti terjepit ketika membuka-tutup pintu, maka sebaiknya orang tua melakukan distraksi atau pengalihan perhatian.

“Tapi kalaupun emang anak suka mainan buka-tutup, maka orang tua alihkan ke buka-tutup yang aman seperti mainan yang bisa dibuka-tutup. Jadi nggak dilarang sama sekali, nanti malah anak nggak bisa eksplorasi,” sambung Ela.

Jean Ispa, peneliti sekaligus profesor dari University of Missouri mengatakan orang tua yang memberikan kontrol terhadap anaknya ketika bermain dapat menimbulkan perasaan negatif pada anak. Anak akan merasa ruang geraknya terbatas.

“Perasaan negatif dapat membuat anak kesulitan mengembangkan kreativitasnya. Ibu yang selalu memberikan batasan ini-itu pada anaknya cenderung memiliki anak yang kurang kreatif dibandingkan dengan ibu yang sedikit melonggarkan aturan ketika anak bermain,” imbuh Ispa.(TMN)

Related posts

Leave a Comment