Si Raja Hutan Turun Gunung, Gegerkan Warga Aceh Singkil

ternak kambing warga

topmetro.news – Warga Desa Persiapan Lae Cikala Kecamatan Suro Makmur Kabupaten Aceh Singkil, saat ini digegerkan dengan matinya dua ekor ternak kambing milik salah seorang warga, Yono (60).

Pasalnya matinya dua ekor kambing tersebut ditenggarai karena dimangsa ‘Si Raja Rimba’ alias ‘Si Meong Besar Raja Hutan’.

Kejadian ini pun dengan cepat merebak dari mulut ke mulut. Serta membuat seisi kampung ketakutan. Bila harimau tersebut sewaktu waktu bisa saja mencelakai warga.

Dari beberapa sumber yang dihimpun reporter topmetro.news di lapangan, bahwa kejadian itu sudah dilaporkan ke Babinsa setempat. Serta Babinsa sudah berkoordinasi dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

“Saat ini kami digegerkan dengan matinya dua ekor kambing milik Pak Yono. Yang dimana kami duga dimangsa harimau,” ucap salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya, Jumat (12/6/2020).

“Katanya hari ini (kemarin-red), pihak BKSDA akan turun untuk mengecek laporan warga tersebut,” sambung dia.

Harimau dan Ekosistim

Menurut mereka, munculnya harimau di perkampungan dan memangsa ternak kambing warga, karena rusaknya ekosistim hutan. “Kami menduga merasa kemunculan harimau itu ke perkampungan dan memangsa ternak warga karena telah rusaknya ekosistim hutan akibat pembukaan lahan oleh masyarakat yang menyebabkan berkurangnya makanan di hutan,” kata dia.

Saat ini, aku dia, mereka jadi ketakutan dan was-was dengan kejadian tersebut. Mereka berharap dinas terkait segera melakukan tindakan atau menangkap harimau tersebut.

“Agar masyarakat setempat bisa melaksanakan kegiatan seperti biasa,” pintanya.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment