Anggota DPRD Medan Sebut Medan Zoo Kurang Terurus

kondisi Medan Zoo

topmetro.news – Anggota DPRD Medan M Afri Rizki Lubis menyoroti kondisi Medan Zoo (Kebun Binatang Medan), yang menurutnya kurang terurus. Padahal berpotensi menambah PAD untuk Kota Medan.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi III DPRD Medan itu saat meninjau Medan Zoo di Simalingkar B Medan Johor, Rabu (17/6/2020).

“Biar bagaimanapun, seluruh satwa yang ada di Medan Zoo saat ini harus diurus dengan maksimal. Termasuk infrastruktur harus tetap dibenahi guna kenyamanan habitat satwa,” ujar M Afri Rizki Lubis.

Apalagi di masa pandemi Covid 19 saat ini, menurut dia, perlu perhatian serius. Pemko Medan melalui Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan perlu dilakukan percepatan pembenahan di segala sektor.

Kunjungan itu sendiri, kata M Afri Rizki Lubis, adalah akibat penutupan Medan Zoo sebagai dampak pandemi Covid 19. Sekaligus dia ingin melihat kondisi sebenarnya.

Pada kunjungan di tengah gerimis itu, Riski Lubis menyempatkan kontak dengan sejumlah binatang termasuk gajah. Ketua Fraksi Golkar DPRD Medan itu pun minta kepada PD Pembangunan tetap melakukan perawatan dan perbaikan infrastruktur menunggu beroperasi kembali.

Pakan Medan Zoo

Tak hanya itu, dia juga menyoroti akses jalan menuju Medan Zoo, yang rusak berlobang. Sehingga pengunjung yang hendak ke Medan Zoo dipastikan tidak nyaman.

Sedangkan untuk pakan para satwa, Rizki mengaku bahwa saat ini koleksi satwa di Medan Zoo sudah tercukup. Mengingat ada bantuan senilai Rp200 juta dari anggaran Covid-19 Kota Medan untuk biaya makan dan perawatan satwa. Bantuan pakan juga didapatkan dari sejumlah donatur yang berempati untuk membantu keberlangsungan hidup para satwa di Medan Zoo.

“Anggaran itu tentu masih kurang tetapi kita harapkan dapat dimaksimalkan penggunaannya,” katanya.

Dia pun menyebut, bahwa potensi PAD dari Medan Zoo sangat besar. Namun sangat disayangkan, potensi itu seakan belum tersentuh dan dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu, dia pun menawarkan beberapa masukan.

Bahkan Rizki dan teman-temannya di Komisi III mengaku akan menyiapkan sejumlah rencana untuk mempromosikan Medan Zoo hingga jauh lebih baik ke depan.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment