Covid-19 Makin Meluas, Masyarakat Diharap Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Covid-19 semakin meluas

topmetro.news – Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting meminta bupati/walikota se-Sumut untuk mengawasi secara ketat pintu masuk ke wilayahnya masing-masing. Hal itu, mengingat Covid-19 makin meluas dan korbannya terus bertambah. Sehingga diharapkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Berdasarkan hasil kunjungan Tim DPRD Sumut ke kabupaten/kota, sejumlah daerah terus bertambah jumlah pasien Covid-19. Satu-satunya cara untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona ini agar tidak semakin meluas, seluruh pintu masuk ke setiap daerah diawasi secara ketat. Dan tetap patuhi protokol kesehatan,” tegas Baskami Ginting kepada wartawan, Minggu (21/6/2020), ketika dihubungi melalui telepon.

Baskami mencontohkan, di Posko Cekpoin Desa Doulu Kecamatan Berastagi yang merupakan pintu masuk ke Tanah Karo, tetap dijaga oleh aparat kepolisian, TNI bekerja-sama dengan Pemkab Karo. Bagi siapa saja yang memasuki wilayah Karo wajib diperiksa dan ditanyai apa tujuan mengunjungi Karo.

“Jika tidak begitu penting dan yang berkunjung tidak memiliki masker, tidak diperbolehkan masuk dan disuruh putar balik kembali ke Medan. Hal ini perlu dilakukan di setiap kabupaten/kota di setiap perbatasan wilayahnya. Agar Virus Corona ini tidak semakin meluas,” tandas politisi PDI Perjuangan Sumut ini.

Turunkan Angka Covid-19

Baskami juga sangat berharap agar seluruh kepala daerah di Sumut berlomba-lomba menurunkan angka terpapar Virus Corona di daerah masing-masing. Hal ini sesuai anjuran Mendagri Tito Karnavian yang sudah berjanji akan memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang bisa menekan angka positif Covid-19 di daerahnya.

“Bagi daerah yang masih kawasan Zona Hijau Covid-19 harus tetap dipertahankan. Dan bagi wilayah yang sudah masuk Zona Merah, harus ditekan semaksimal mungkin, agar target menuju New Normal bisa tercapai,” tegas Baskami. Dia juga mengajak para kepala daerah dan seluruh elemen masyarakat untuk bersatu-padu memerangi Virus Corona dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dengan membiarkan pemerintah sendirian memberantas Covid-19 tanpa didukung masyarakat, tentu virus akan semakin berkembang. “Kita semua harus ikut bertanggung-jawab untuk menjaga kesehatan dan keluarga kita. Saat ini kita hidup berdampingan dengan Corona. Patuhi protokol kesehatan dengan tetap rajin cuci tangan, jaga jarak, dan hindari kerumunan,” tandasnya.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment