Perekonomian Sumut Triwulan IV Stabil

Advertisement

TOPMETRO.NEWS – Perekonomian Sumatera Utara pada triwulan IV 2016 relatif stabil dikisaran 5,3% (yoy). Capaian ini diatas kinerja perekonomian nasional yang melambat menjadi 4,9% (yoy). Kinerja sektor eksternal yang cukup baik ditengah tertahannya perbaikan perekonomian domestik menyebabkan perekonomian Sumatera Utara pada triwulan IV 2016 tumbuh stabil.

Hal ini diktakan Demina R. Sitepu, Asisten Direktur Divisi Advisory Ekonomi dan Keuangan Bank Indonesia Sumatera Utara kepada TOPMETRONEWS Rabu (2/3) pagi.Secara keseluruhan tahun, kinerja perekonomian Sumatera Utara kembali menggeliat dari 5,1% (yoy) menjadi 5,2% (yoy). Perbaikan perekonomian terutama ditopang oleh masih kuatnya konsumsi masyarakat diiringi oleh kinerja sektor eksternal yang terus membaik.

Memasuki awal tahun 2017, konsumsi masyarakat akan barang dan jasa diperkirakan masih cukup kuat seiring dengan perayaan tahun baru dan imlek. Permintaan domestik yang masih kuat dan terus membaik serta perbaikan ekonomi global yang akan diikuti oleh meningkatnya harga komoditas perkebunan diperkirakan akan menjadi pendorong perbaikan perekonomian lebih lanjut. Dengan demikian, perekonomian Sumatera Utara pada triwulan I 2017 diperkirakan berada pada kisaran 5,1-5,5% (yoy).( Zal/TMN)

 15 total views,  2 views today

Advertisement

Related posts

Leave a Comment