Gubsu Edy Rahmayadi: Draf New Normal Besok Dikirim ke Jakarta

draf New Normal Sumut

topmetro.news – Gubenur Sumut Edy Rahmayadi, menegaskan meski terlambat pihaknya tetap mengirimkan draf New Normal Sumut ke Jakarta besok ke Jakarta. Terlambatnya pengiriman draf New Normal itu disebabkan pihak dari kabupaten/kota terlalu lama menyelesaikan tugas penanganan Covid-19 di daerahnya.

“Oh tidak, tidak. Pemberlakuan normal baru itu bukan terhadap status. Hanya berbeda pemberlakuannya di Zona Merah, di Zona Hijau, di Zona Kuning, maupun orange,” ujar Edy menjawab wartawan usai Salat Dzuhur di Masjid Gubsu di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Kamis (25/6/2020).

Dijelaskan Edy, pembahasan draf New Normal Sumut di tingkat Pemprov Sumut, selesai pada Kamis sore ini. Kemudian draf itu akan dikirim ke pemerintah pusat pada Jumat (26/6/2020).

Dan pada Jumat juga, draf new normal Sumut disosialisasikan ke DPRD Sumut. “Besok juga disosialisasikan ke DPRD. Mudah-mudahan tanggal 1 Juli atau Minggu pertama Juli itu sudah bisa diberlakukan,” sebut Edy.

Edukasi New Normal

Dan sambil menunggu terbitnya persetujuan pusat, sudah dilakukan sosialisasi dan edukasi New Normal kepada masyarakat. “Tapi mulai saat ini diberangkatkan (dikirimkan), kabupaten kota juga sudah harus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,” ujar Edy.

Dijelaskannya saat sosialisasi di DPRD Sumut nantinya, Pemprov Sumut tetap menerima jika ada masukan terhadap draft New Normal. “Sosialisasi dilakukan, di sana-sini ada perbaikan. Kita perbaiki. Kita mengejar waktu,” ujar Edy.

“Kita sosialisasikan, mana yang perlu dibenarin, dibenari. Kan tidak angka mati kayak kitab suci,” ujar Edy lagi.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment