FIFA Tetapkan Australia dan Selandia Baru Tuan Rumah Piala Dunia Wanita 2023

piala dunia wanita

topmetro.news – Australia dan Selandia Baru resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia wanita 2023. Hal ini diumumkan usai Dewan Eksekutif Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) mengambil pemungutan suara pada Kamis, 25 Juni 2020 di Swiss.

Australia dan Selandia Baru berhasil mengalahkan Kolombia yang juga mengajukan menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita 2023. Sebelumnya ada Jepang. Namun, mereka mundur dari pengajuan menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita.

Australia dan Selandia Baru terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita karena unggul dalam infrastruktur. FIFA juga meyakini, turnamen akbar itu akan sukses secara komersial jika berlangsung di kedua negara.

Laporan media menyebutkan pemungutan suara ketat. Banyak perwakilan sepakbola Eropa mendukung Kolombia. Namun, suara terbanyak memilih Australia dan Selandia Baru. Pengajuan bersama Australia dan Selandia Baru mendapat 22 suara, sedangkan Kolombia 13 suara.

Sebelumnya, PM Australia Scott Morrison dan PM Selandia Baru Jacinda Ardern, menulis sebuah surat terbuka kepada FIFA, bahwa kedua negara siap menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita 2023. Mereka menilai gelaran Piala Dunia Wanita akan membawa kesetaraan dan keadilan.

“Piala Dunia Wanita Australia-Selandia Baru FIFA akan mewujudkan hasrat kami untuk sepakbola wanita dan komitmen bangga terhadap kesetaraan dan keadilan, menciptakan warisan yang mendalam dan abadi untuk masa depan sepakbola wanita di kawasan ini dan di luar,” kata mereka dalam surat itu mengutip Reuters, Selasa (23/6/2020).

Dengan resminya Australia dan Selandia Baru 2023, ini menjadi Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya yang diadakan di belahan bumi selatan dan wilayah Asia-Pasifik. Sebelumnya, Piala Dunia Wanita 2019 diadakan di Prancis pada 7 Juni-7 Juni, Amerika Serikat keluar sebagai juara usai mengkandaskan perwalanan Belanda dengan skor 2-0 di Satadion De Lyon. Dua gol Timnas Wanita AS dicetak oleh Megan Rapinoe lewat penalti, dan go kedua AS dilesakkan Rose Lavelle.(TMN-YOFE)

Related posts

Leave a Comment