Pemprov Sumut Siapkan Anggaran Rp 500 Miliar Untuk Penanganan Covid-19 Tahap II

pemprov sumut

topmetro.news – Memasuki bulan Juli, Pemprov Sumut (Pemerintah Provinsi Sumatera Utara) mulai menyiapkan anggaran, untuk percepatan penanganan Covid-19 tahap II. Dalam Tahap II ini, jumlahnya tidak jauh berbeda dengan tahap I sekitar Rp500 miliar.

Hal itu pun disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Whiko Irwan dalam keterangan pers secara live streaming, di Media Center Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro, Nomor 30 Medan, pada Rabu (01/07/2020) kemarin.

Pemprov Sumut Siapkan Anggaran

” Kita telah berada di bulan Juli 2020, dimana kita memasuki Tahap II penanggulangan Covid-19, di Provinsi Sumatera Utara. Anggaran biaya yang disiapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Untuk tahap II tidak jauh berbeda dengan anggaran, pada tahap I sekitar Rp500 Miliar,” ujar Whiko.

Whiko menjelaskan, anggaran tersebut diperuntukan untuk stimulus ekonomi dan Jaring Pengaman Sosial (JPS), untuk masyarakat miskin yang terdampak Covid-19. “ Stimulus ekonomi yang juga menjadi prioritas,” tambahnya.

Baca Juga : Wisma Atlet Pemprov Sumut Resmi Difungsikan untuk Penginapan Tenaga Medis

Whiko juga menyampaikan juga, saat ini Sumut masih melanjutkan masa transisi New Normal. Dan GTPP Covid-19 Sumut masih menunggu keputusan pemerintah pusat, tentang pelaksanaan konsep New Normal di daerah ini. “Pemprov Sumut juga telah meminta kabupaten/kota. Untuk mulai mensosialisasikan kepada masyarakatnya tentang kebijakan masing-masing daerah. Pada masa New Normal dan memfinalkan rancangan peraturan bupati dan walikota yang akan diberlakukan,” ujarnya.

Terkait perkembangan kasus Covid-19 di Sumut, terhitung hingga 1 Juli 2020 pukul 17.00 WIB kemarin, disebutkannya untuk pasien sembuh bertambah 12 menjadi 417 orang. Pasien meninggal bertambah 6 orang menjadi 98 orang, kasus positif bertambah 50 menjadi 1.601 orang. Dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 242 orang.

GTPP Covid-19 Sumut juga menyampaikan bahwa, langkah terbaik saat ini adalah memutus rantai penularan Covid-19. Dengan melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dalam kehidupan sehari-hari. “Sekali lagi kami ingatkan, gunakan masker pelindung hidung dan mulut, jaga jarak 1-2 meter, cuci tangan dengan sabun dan air. Dan diharapkan masyarakat untuk hindari kerumunan orang banyak,” tambahnya.(TMN)

reporter | erris

Related posts

Leave a Comment