Perkuat Koordinasi, Evi Diana Buka Musrenbang PKK Provsu 2017

TOPMETRO.NEWS – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumut, melakukan koordinasi dan singkronisasi dengan tim Penggerak PKK di daerah melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Sumatera Utara.

Kegiatan digelar di Hotel Santika Dyandra Medan, Selasa (18/4) langsung dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Sumut, Evi Diana Sitorus.
“Tujuan kita dalam pertemuan ini untuk meningkatkan koordinasi dan singkronisasi kegiatan di antara tim penggerak PKK provinsi dan kabupaten/kota,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK Sumut, saat membuka Musrenbang Tim Penggerak PKK Sumut, Evi Diana Sitorus.

Lebih lanjut dikatakan Evi, pihaknya cukup memahami kesibukan anggota tim penggerak PKK dari masing-masing Kabupaten/Kota, baik mendampingi tugas Bupati dan Walikota ataupun tugas pembinaan gerakan PKK.

“Namun mengingat pentingnya pertemuan pada acara Musrenbang tingkat Sumut ini dan Gubernur juga meminta kita untuk ikut berperan aktif pada kegiatan Musrenbang Provinsi, oleh karena itulah kami undang para ibu ketua TP PKK kabupaten kota untuk hadir di sini,” papar Evi.

Musrenbang ini lanjut Evi merupakan upaya Tim Penggerak PKK Sumut untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan nawacita ke-lima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia yang salah satu ukurannya yakni tingkat pendidikan, kesehatan juga tingkat daya beli masyarakat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumut, Aspan Sofian mengatakan dengan adanya perubahan struktur organisasi yang baru dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa menjadi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, maka beban tugas dan fungsi yang diemban oleh Dinas ini semakin berat.

“Mengingat besarnya beban tersebut maka kami membutuhkan koordinasi, kerjasama dan dukungan dari semua pihak termasuk tim penggerak PKK Sumut, sebagai mitra kerja pemerintah berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendalian dan penggerak pada masing-masing jenjang pemerintahan,” terang Aspan.

Aspan juga berharap agar Musrenbang Tim Penggerak PKK Sumut ini dapat menghasilkan masukan dan saran yang bermanfaat dalam perumusan program dan kegiatan prioritas. Terutama menurut dia hal yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat dan desa yang bersinergi dengan kader dan tim PKK tingkat Desa/Kelurahan berjenjang hingga ke pusat.

“Tentunya tujuannya untuk pembangunan berkelanjutan dan berdaya saing menuju Sumut sejahtera,” kata Aspan.
Ketua Panitia Musrenbang Tim Penggerak PKK Sumut, Mahreni mengatakan kegiatan ini diikuti sebanyak 200 orang peserta yang terdiri dari Ketua, Sekretaris TP PKK kabupaten/Kota selain itu juga kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa kabupaten kota, tim penggerak PKK Sumut dan instansi terkait lainnya.(TM-uck)

Related posts

Leave a Comment