Harapan di Tengah Pandemi untuk Samosir

pertambahan kasus

topmetro.news – Hingga kini angka infeksi Covid-19 pada level nasional dan Provinsi Sumatera Utara masih tinggi. Hingga Rabu (8/7/2020), angka pertambahan kasus per hari nasional hampir mencapai angka dua ribuan (1.853) dan di Provinsi Sumatera Utara 155.

Diperkirakan angka ini akan naik lagi dan belum ada tanda penurunan yang signifikan.

Sejauh ini, upaya pencegahan yang telah dilakukan. Yaitu protokol kesehatan yang ketat dan pengendalian penyebaran melalui penelusuran kontak, uji cepat, isolasi, dan perawatan.

Pemerintah (pusat, provinsi, kabupaten/kota) terus berupaya mencegah dan menangani dampak pandemi Covid-19 di Tanah Air semaksimal mungkin. Salah satu harapan di tengah-tengah upaya tersebut yaitu rencana produksi massal vaksin Covid-19 dan penyediaannya untuk masyarakat pada pertengahan tahun 2021.

Imbau Warga Samosir

Di tengah-tengah harapan tersebut, GTPP Covid-19 Kabupaten Samosir tetap mengimbau masyarakat Samosir tetap melakukan protokol kesehatan secara ketat dan mempedomani tata normal baru yang telah dikeluarkan.

Selain itu, GTPP Covid-19 juga tetap menekankan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sebagai perilaku hidup dalam pandemi. Dengan simulasi hidup disiplin di tengah potensi penularan Covid-19.

“Hingga kini, cara terbaik mencegah terpapar Covid-19 adalah gunakan masker, sering cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, dan jaga jarak. Oleh karena itu, meskipun ada harapan untuk vaksin Covid-19 dalam waktu dekat, kita tidak boleh abai dengan upaya-upaya yang telah dilakukan sejauh ini,” kata Kadis Kominfo Samosir Rohani Bakkara, Rabu (8/7/2020).

GTPP Covid-19 Kabupaten Samosir akan tetap melakukan SOP di pintu-pintu masuk ke Kabupaten Samosir melalui jalur darat maupun danau. Serta tetap memantau dan mengevaluasi pedoman tata normal baru selama Bulan Juli 2020. GTPP Covid-19 Kabupaten Samosir akan mengambil langkah-langkah strategis ke depannya berdasarkan hasil evaluasi lapangan secara nyata.

“Melalui kesempatan ini, mari tetap doakan apa yang telah dilakukan pemerintah sejauh ini. Agar menghasilkan pembaikan-pembaikan secara berangsur namun pasti. Yaitu reformasi sosial dalam tatanan kehidupan di masa pandemi dan pemulihan ekonomi gradual pada tahun 2021,” katanya.

“Mari nantikan harapan yang lebih baik pada masa yang akan datang dengan tetap melakukan apa yang sudah ditetapkan saat ini. Kiranya Tuhan menolong kita untuk harapan-harapan penanganan Covid-19 secara internasional dan nasional. Terima kasih,” tutup Rohani.

Info Covid-19

Sementara itu, informasi Covid-19, hingga Hari Rabu (8/7/2020), untuk nasional, positif 1.853 orang (68.079). Sembuh 800 orang (31.585) dan meninggal dunia: 50 orang (3.359). Untuk Provinsi Sumatera Utara positif 155 orang (1.976). Sembuh 10 orang (503) dan meninggal dunia 1 orang (110).

Khusus untuk Kabupaten Samosir, Orang Dalam Pemantauan (ODP) nihil. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) nihil. Positif 1 orang, sembuh nihil, dan meninggal dunia nihil.

sumber | Kominfo Samosir

Related posts

Leave a Comment