Suka Makmur Jadi Desa Percontohan Kampung Tangguh Nusantara

Desa Suka Makmur Gunung Meriah

topmetro.news – Beberapa desa di Aceh Singkil dijadikan Kampung Tangguh Nusantara Covid-19. Salah satunya Desa Suka Makmur Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Aceh Singkil bersama Dandin 0109, Waka Polres para Muspika dan Kepala Puskesmas melakukan pengecekan kesiapan desa tersebut.

Ada beberapa item yang dicek dalam kegiatan tersebut, di antaranya:

  1. Kesiapan posko serta sarana-prasarana fasilitas penunjang Posko Kampung Tangguh Nusantara Covid-19
  2. Pengecekan ketahanan pangan
  3. Pengecekan rumah isolasi
  4. Pengecekan pemulasaran jenazah, dan lain lain.

“Kampung Tangguh Nusantara Covid-19 merupakan program Polri bekerjasama dengan stakeholder. Dengan tujuan, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucap AKBP Mike Hardi Wirapradja di sela sela acara, Kamis (9/7/2020).

Hal ini dilakukan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat dan membangun semangat kebersamaan untuk lebih waspada dalam menghadapi penyebaran Covid-19.

Warga Desa Mandiri

Selain itu, ucap Mike, Kampung Tangguh mengajak dan melatih warga setempat agar benar-benar mampu secara mandiri mencegah bahkan menanggulangi penyebaranVirus Corona (Covid 19).

Sementara itu Camat Gunung Meriah Johan Fahmi Sanif mengatakan, bahwa terpilihnya Desa Suka Makmur  sebagai Kampung Tangguh di wilayahnya, karena dinilai kepedulian warganya cukup tinggi terhadap penanganan Covid-19. Termasuk juga perduli dalam pelaksanaan protokol pencegahan Covid-19.

“Warganya cukup peduli dengan penyebaran wabah Covid-19 ini,” kata Johan.

“Desa ini akan menjadi desa percontohan bagi desa-desa yang lain. Dan mengenai biaya persiapan yakni dari swadaya masyarakat itu sendiri. Dengan dibentuknya Kampung Tangguh Nusantara Covid-19, diharapkan agar masyarakat tetap fokus terhadap penanganan serta pencegahan Covid-19 dihadapkan pada Era New Normal,” imbuhnya.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment