10 Tempat Kuliner Paling Populer di Kota Medan, Wajib Dicoba!

Tempat Kuliner Paling Populer Kota Medan

topmetro.news – Siapa sih yang nggak kenal dengan kota Metropolitan yang satu ini, yang menjadi salah satu kota padat penduduk. Kota yang bukan hanya dipenuhi dengan destinasi wisata alam, akan tetapi juga disempurnakan dengan tersebarnya berbagai macam jajanan kuliner. Apalagi kalau bukan Kota Medan. Disini kita akan berbagi 10 Tempat Kuliner Paling Populer di Kota Medan.

Kota Medan adalah kota yang sangat cocok untuk para traveler untuk bertengger. Mreka dapat berburu makanan yang lezat serta nikmat. Bahkan nyaris semua jenis makanan dapat kita temukan di kota yang terletak di Pulau Sumatera ini.

Hal itu karena penduduk masyarakat di Kota Medan terbentuk dari bermacam-macam suku dan budaya. Misalnya Batak, Melayu, Arab, India serta Tionghoa yang menjadikan tempat kuliner di tempat ini benar-benar kaya akan rasa dari berbagai wilayah di Indonesia.

Nah, jadi buat Anda yang ingin berkunjung ke Kota Medan atau bagi Anda yang usai berlelah diri menjelahi tempat wisata di Kota Medan, alangkah baiknya mencoba menjelajahi tempat kuliner khas di wilayah tersebut sembari meregangkan otot.

Berikut ini 10 tempat kuliner paling Populer di Kota Medan yang bisa anda kunjungi di Kota Medan:

1. Soto Kesawan Medan

Tempat Kuliner Paling Poluper Kota Medan

Masyarakat di Kota Medan sudah tidak asing lagi dengan tempat makan yang satu ini, Bahkan sebagian besar dari mereka menyebut Soto Kesawan Medan merupakan salah satu tempat favorite yang ada di Kota Medan.

Ciri khas soto di Kota Medan dengan soto di kota lain yakni, Soto Medan menggunakan santan yang tidak terlalu kental yang dipadu dengan bumbu racikan khas dan rempah untuk kuahnya, sementara kuah soto di kota lain misalnya Jawa tidak mencampurkan santan.

Soto Kesawan di Ibu Kota Sumatera Utara ini dikenal dengan potongan daging yang penuh di setiap mangkuknya. Daging ayamnya saat digigit masih terasa empuk, hal tersebut lantaran tidak terlalu garing saat digoreng.

Terdapat pula perkedel yang diletakkan ke dalam kuah soto untuk menambah cita rasa Soto Kesawan. Di setiap porsinya juga dilengkapi dengan perasan jeruk nipis serta cabai yang terpisah agar bisa digunakan sesuai selera penikmat.

Soto Kesawan ini terletak di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Kesawan Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Tempat makan ini buka lebih kurang pada tahun 1950 silam. Soto Kesawan buka pada hari Senin hingga hari Sabtu mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB.

Selain di Jalan Ahmad Yani Medan, Soto Kesawan ini juga mempunyai cabang di Jalan Semarang, Jalan Surabaya serta di Supermarket Berastagi yang ada di Jalan Cut Mutia Medan. Di tempat ini, mereka hanya menyediakan soto ayam, soto daging sapi serta soto jeroan sapi.

Apabila Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan langsung terpikat dengan aroma khas soto Medan Kesawan. Harumnya dipercayai dapat menggoda para pengunjung.

Sementara untuk harga, menu di tempat makan legendaris ini dijual dengan harga Rp23.000 per porsi untuk soto daging ayam, soto daging sapi dan jeroan sapi. Kemudian soto udang dijual dengan harga Rp28.000

Apakah Anda tertarik? Jika iya, Anda bisa datang langsung mengunjungi tokonya untuk dapat menyandang langsung salah satu makanan khas di Medan ini. Jika Anda ingin membeli namun mager alias males gerak jangan takut, Soto Kesawan juga sudah tersedia di Grabfood dan Gofood.

2. Kari Ayam Tabona

Kari Ayam Tabona

Saat jalan-jalan ke Kota Medan jangan khawatir kelaparan, disana sangat banyak makanan enak yang bisa membuat perut Anda merasa senang. Selain soto khas di Medan, hidangan berkuah lain yang wajib Anda coba yaitu kari Medan atau biasa juga disebut dengan kari bihun lantaran dilengkapi dengan bihun yang ada di RM Tabona yang disebut-sebut ‘the best curry in Medan’.

Di tempat makan legendaris ini, kari Medan dipadukan dengan daging sapi yang empuk dan ayam kampung. Makanan ini adalah pengaruh dari kuliner di India. Rempah-rempahnya membuat aroma di kari Medan semakin menggugah selera.

Rumah makan ini terletak di Jalan Mangkubumi nomor 17, Kecamatan Medan Maimun. Buka mulai pukul 06.30 pagi hingga 16.30 sore. Para pengunjung yang datang dapat memilih tempat duduk yang menurut Anda nyaman, baik itu indoor maupun outdor

Sementara untuk harganya, semua kari dijual Rp45.000 per porsinya. Kuah pada kari ini berwarna orange kemerahan. Wangi rempahnya menebarkan aroma yang lezat dan sedap. Tampak pula potongan daging sapi yang berwarna cokelat dan diselipkan dengan tulang-tulang ayam kampung, bihun dan potongan kentang yang menambah cita rasa.

Kari di rumah makan ini dikenal dengan tidak meninggalkan minyak di mulut serta tenggorokan ketika usai disantap. Santannya yang alami membuat makanan ini menjadi gurih.

Sementara untuk bihunnya sendiri terasa lembut dan kenyal saat dimakan. Bihunnya sangat berbeda dengan bihun di kota Jakarta. Bihun disini diambil dari Siantar yang ukurannya lebih besar.

RM Tabona sudah ada pada tahun 1974 di Pematang Siantar. Sementara yang di Medan sejak tahun 1982. Nama ‘Tabona’ artinya ‘enak’ yang dipercaya sesuai dengan rasa kari di tempat ini. Rumah makan Tabona sudah menjadi icon kota Medan sepanjang puluhan tahun yang lalu.

Bicara terkait proses perebusan daging, yakni direbus hingga 5-6 jam dengan api yang kecil, maka dari itu daging bisa sangat empuk serta juicy lho. Untuk kari, proses perebusannya hingga 4-5 jam. Oleh karenanya bisa menjamin rasa gurih alami.

3. Bihun Bebek Asie Kumango

Bihun Bebek Asie Kumango

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Medan pusatnya kuliner yang enak. Salah satu yang dapat Anda rasakan kenikmatannya saat berkunjung ke Ibukota Sumatera Utara ini yaitu bihun bebek. Rumah makan yang menyediakan bihun bebek yang paling recommended di Medan yaitu Bihun Bebek Asie Kumango.

Bihun Bebek Asie Kumano sudah ada sejak tahun 1930 silam. Itu sebabnya, tempat ini juga sangat legendaris di Kota Medan yang didesain dengan pernak-pernik etnik yang menambah kesan klasik.

Satu porsi bihun bebek di tempat ini diisi dengan daging bebek yang porsinya generous, daun bawang, sawi serta bawang putih yang sudah digoreng. Kaldu di tempat makan ini berasal dari sari pati bebek yang diolah sebaik mungkin, tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Daging bebeknya juga tidak terlalu lembek, namun empuk saat dimakan

Bihun Bebek Asie Kumango terletak di Jalan Kumango, nomor 15, Medan, Sumut. Tempat makan ini buka dari hari Senin hingga Sabtu, mulai pukul 06.30 WIB dan tutup pukul 23.00 WIB. Artinya rumah makan ini bisa dijadikan sebagai tempat sarapan ataupun makan malam.

Untuk harganya, bihun bebek disini dibanderol dengan harga Rp60.000 per porsi. Meskipun harganya termasuk mahal, namun Anda tidak akan kecewa dengan rasa yang disajikan. Bahkan Anda bisa tergila-gila dan bisa datang untuk yang kesekian kalinya. Selain lezat tempat kuliner ini salah satu paling Populer di Kota Medan.

Sebagai pelengkap, rumah makan ini juga menyediakan kopi yang benar-benar khas Medan yang rasanya enak saat diseruput.

4. Nasi Goreng Wak Ribut

Nasi Goreng Wak Ribut

Nasi goreng (nasgor) juga bisa dijadikan pilihan kuliner yang dapat membahagiakan lidah. Nasgor disini dikenal dengan kenikmatannya. Warung Nasgor Wak Ribut yang berada di Jalan Multatuli 43 ini sudah beroperasi sejak tahun 1950-an.

Ciri khas dari nama Nasgor Wak Ribut lantaran bangunan warung sederhana yang terbuat dari kayu dengan beratapkan seng. Meski begitu, warung Nasgor Wak Ribut masih saja ramai dikunjungi oleh para pencinta kuliner.

Kadangkala pengunjung rela mengantre untuk dapat menikmati nasgor di tempat ini. Hal tersebut memang karena kelezatan yang terkandung di dalam nasgornya Wak Ribut. Tempat ini juga disebut warung legendaris dan tempat makan terhits di Kota Medan.

Satu porsi nasgornya dihiasi dengan toping semur daging sapi, ayam serta telur di atasnya. Toping dapat dipilih sesuai selera, begitu pula dengan telur, bisa dipilih antara telur mata sapi atau telur dadar.

Bagi Anda yang menyukai nasgor dengan minyak yang tidak berlebihan, Nasgor Wak Ribut solusinya.

Satu porsi nasi goring di tempat ini dijual dengan harga Rp17.000. Dengan harga segitu, Anda dapat menikmati lezatnya nasi goring yang tiada tandingannya di Kota Medan. Tentu para pengunjung datang berkali-kali untuk kembali mencicipi kenikmatan cita rasa yang dimiliki Nasgor Wak Ribut.

Anda bisa datang ke tempat ini setiap hari, mulai pukul 16.15 WIB hingga pukul 23.00 WIB. Kapasitas di warung ini hanya menampung kurang lebih 50 orang saja. Jadi jika pengunjung ramai, Anda dapat mengantre untuk mendapat nasgor ini.

Nasi goreng disini tentunya sangat gurih dan sedap. Memiliki warna yang khas dari kecap dan salah satu tempat kuliner paling Populer di Kota Medan.

5. Bika Ambon Zulaikha

Bika Ambon Zulaikha

 

Bika Ambon Zulaikha menjadi salah satu ikon makanan atau oleh-oleh khas dari Kota Medan. Jika berkunjung ke Kota Medan, Anda wajib mencicipi makanan yang satu ini. Mendengar dari namanya, Bika Ambon, bukan berarti makanan ini berasal dari Ambon. Makanan ini benar-benar khas dan dibuat di Kota Medan.

Bika Ambon Zulaikha tidak ditemukan di sembarang tempat. Gerai makanan ini berada di Jalan Mojopahit nomor 62, Kota Medan. Didirikan oleh Hj Mariani pada tahun 2003 yang diberi nama sesuai dengan nama putrinya, Zulaikha.

Bicara soal rasa Bika Ambon di tempat ini sangatlah pas, atau tidak terlalu manis. Teksturnya lembut dan lubang di setiap sisinya yang serat—serat kenyal membuat makanan ini berbeda dengan makanan yang lainnya. Bika Ambon Zulaikha padat dan dapat mengenyangkan perut Anda.

Bahan baku pembuatan Bika Ambon Zulaikha menggunakan sari murni dari air nira sehingga membuat serat yang lembut pada bika Ambon ini. Air nira itu difermentasi hingga 10 jam, lalu dibuat dengan campuran bahan lainnya.

Harga yang ditawarkan di Bika Ambon Zulaikha setiap kotaknya yaitu mulai harga Rp44000.

Sementara untuk varian rasa yang bisa didapat di Bika Ambon Zulaikha yakni rasa original, mocca, keju, pandan serta durian. Jangan diragukan, Bika Ambon ini memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) di tiap kemasannya.

6. Bolu Meranti

Bolu Meranti

Bolu Meranti selalu dijadikan pilihan alternative oleh-oleh khas kota Medan selain Bika Ambon. Jika ke Medan, tidak berasa jika belum coba bolu hits ini. Bolu Meranti memiliki ciri khas tekstur bolu yang lembut dengan isi mocca, kacang, keju dan varian rasa lainnya. Bisa pula ditambah dengan toping keju, meses atau kacang di atasnya.

Kenikmatan Bolu Meranti ini sudah menjadi buah bibir hingga ke luar Medan. Oleh sebab itu, tak heran jika Anda mengantre panjang apabila ingin membeli bolu lezat ini. Mulai dari mengambil nomor antrean, memesan produk hingga pembayaran.

Bolu Meranti bermula dari bisnis sederhana seorang ibu rumah tangga (IRT) yang didirikan sejak tahun 2005 yang lalu. Seorang ibu yang memiliki hobby memasak kue sejak belia. Suatu hari ia menitipkan bolu gulungnya ke toko temannya yang ada di Jalan Meranti, Medan. Ternyata bolu gulung buatannya semakin banyak peminatnya.

Hingga akhirnya dirinya membuka gerai sendiri di Jalan Kruing nomor 2K, Medan. Lama-kelamaan berubah menjadi toko kue yang sukses hingga memiliki cabang di Jalan Sisingamangaraja nomor 19B, dekat Komplek Istana Maimun, Medan.

Sementara untuk harga yang ditawarkan memang sedikit mahal, yakni berkisar Rp40.000 hingga Rp75.000 tergantung dengan isi topingnya. Meskipun sedikit mahal, Anda tidak akan menyesal oleh karena kelezatannya yang tidak diragukan lagi.

Selain itu, toko ini juga menyediakan aneka kue lainnya, misalnya lapis legit, brownies, kue sus, nastar, kue kering dan lain sebagainya. Jam operasional Bolu Meranti mulai pagi pukul 09.00 WIB dan tutup pada sore sekitar pukul 16.00 WIB.

7. Rumah Makan Sipirok

Rumah Makan Sipirok

Rumah Makan Sipirok juga menjadi tempat makan di Kota Medan yang dikenal dengan kelezatannya. Rumah makan yang berlokasi di Jalan Sunggal nomor 14 Medan ini berada dipinggir jalan raya. Biasanya mulai buka pukul 10.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Tempat makan yang dimiliki pasangan Zulfikar dan Yusniar ini memiliki tempat yang lumayan luas dan bersih pastinya. Sehingga para pencinta kuliner yang singgah ke tempat ini merasa nyaman.

Menu andalan di rumah makan ini yakni sop iga sapi dengan kuah bening serta rasanya yang gurih. Jika sekali ke tempat ini, diyakini untuk datang lagi menikmatinya kembali. Ada juga gulai ikan asap serta sup sumsum kaki sapi.

Untuk satu porsi sup sumsum tulang iga kerbau yang dinikmati hingga menggunakan sedotan dibanderol dengan harga Rp35.000. Sementara untuk harga sup daging dijual dengan harga Rp18.000.

8. Bakso Methodist H. Siran

Tempat Kuliner Paling Populer Kota Medan

Semua orang pasti mengenal apa itu bakso. Olahan daging yang dibentuk bulat yang menjadi makanan favorite sebagian besar masyarakat, khususnya di Kota Medan.

Di Medan sendiri cukup banyak gerai penjual bakso, mulai dari yang menggunakan kereta dorong hingga berada di restoran mewah. Salah satu warung bakso yang selalu ramai pengunjung dan tidak diragukan lagi keenakannya yaitu Bakso Methodist H Siran.

Sesuai namanya, warung yang terletak dipinggir jalan ini dimiliki oleh H Siran. Mengapa Methodist? Karena dulunya H. Siran sempat berjualan di depan Universitas Methodist, di Jalan Hang Tuah. Namun kini sudah pindah dan hits di sebelah Taman Beringin, Jalan Tengku Cik Di Tiro. Makan khas ini salah satu tempat kuliner paling poluper di Kota Medan.

Warung yang mulai beroperasi pukul 10.30 WIB ini memiliki cirri khas di kuah kaldu dan potongan daging sapinya. Tekstur dagingnya yang lembut menambah cita rasa pada makanan ini dengan potongan yang besar.

Jadi, dalam semangkuk bakso yang disajikan, bisa memilih mi sesuai selera. Ada pilihan bihun, kwetiaw serta mi kuning. Kemudian diisi juga dengan tiga butir bakso sapi kecil, lalu dilengkapi dengan tauge dan potongan sapi yang super duper banyak.

Sementara untuk harga yang ditawarkan yakni Rp30.000 se porsi. Jika menurut Anda seporsi terlalu banyak, Anda bisa memesan setengah porsi, namun harganya tidak jauh beda, yaitu Rp25.000.

Meskipun harga segitu termasuk mahal, namun Anda dipastikan tidak akan menyesal. Karena harga yang diberikan sangat setara dan pantas dengan potongan daging yang empuk dan memenuhi mangkuk.

Jika ingin mencicipi bakso yang terkenal di Medan ini, datanglah sebelum pukul 17.30 WIB agar Anda tidak kecewa. Hal itu lantaran warung ini tidak buka hingga malam.

9. Ucok Durian

Tempat Kuliner Paling Populer Kota Medan

Siapa yang tidak tahu tempat kuliner yang satu ini. Mampir ke Medan belum afdol jika belum mencicipi duriannya. Salah satu tempat makan durian yang paling hits di Kota Medan yaitu Ucok Durian yang berada di Jalan Iskandar Muda.

Pemilik Ucok Durian yaitu Zainal Abidin Chaniago atau akrab disapa Ucok. Itulah sebabnya diberi nama ‘Ucok Durian’. Harga satu buah durian dibandrol dengan harga sekitar Rp50.000 hingga Rp70.000. Ada juga paket kemasan dengan harga Rp100.000-Rp500.000.

Tempat makan durian ini memiliki tag line yang memikat para pengunjung, yaitu ‘Belum ke Medan kalau tidak mampir ke Ucok Durian’.

Hingga kini gerai durian ini masih digandrungi para penikmat buah durian. Mulai dari masyarakat biasa, pejabat hingga artis.

Ucok Durian dapat dinikmati kapan saja. Kedai ini buka selama 24 jam setiap harinya. Jangan kapan saja Anda ingin dibahagiakan oleh buah durian, Anda bisa langsung datang ke Ucok Durian.

Kedai ini memasok sebanyak 6000 durian setiap harinya. Uniknya lagi, jika durian yang Anda makan kurang enak, Anda bisa langsung menukarnya tanpa harga tambahan, bagaimana? Tergiur bukan?

Biasanya durian yang terlanjur dibuka tidak langsung dibuang. Ternyata nantinya bakal dipasok ke usaha makanan berbahan dasar durian untuk dibuat aneka cemilan.

Tak hanya menjual durian kupas, Ucok Durian juga menyediakan pancake durian, daging durian tanpa biji, durian beku dan es krim durian. Lokasi ini juga salah satu tempat kuliner paling Populer di Kota Medan.

10. Sate Memeng

Tempat Kuliner Paling Populer Kota Medan

Jika dolan ke Kota Medan, kurang lengkap apabila belum mencoba mencicipi kuliner khas yang tersebar di Kota Medan. Salah satunya yakni Sate Memeng yang berlokasi di Jalan Irian Barat nomor 2, Gang Buntu, Medan.

Warung sate ini sudah ada sejak tahun 1945, waah sudah lama sekali ya. Namun hingga sekarang masih dipadati penikmat sate. Warung ini didirikan oleh H. Muhammad Saimin yang biasanya disapa Memeng. Itulah sebabnya warung ini diberi nama Memeng.

Baca Juga: Gedah Sagu, Kuliner Andalan Destinasi Wisata Lae Treup Aceh Singkil

Sate Memeng menyediakan sate daging sapi, daging ayam, hati, satai campur serta usus. Sementara untuk bumbunya, anda bisa memilih antara bumbu kacang, bumbu kecap atau bumbu padang. Bahkan jika anda ingin, bisa request untuk mencampur semua rasa bumbu.

Potongan Sate di warung ini tebal dan besar. Bumbunya manis namun ada sensasi pedas yang berasal dari cabai, bawang dan merica. Bumbunya meresap hingga sangat lezat ketika dinikmati. Sate Memeng ditawarkan dengan harga Rp20.000 se porsi, dengan 5 tusuk sate dan lontong.

Sate Memeng buka setiap hari, mulai pukul 18.00 WIB hingga 01.30 dini hari. Gerai sate ini berada tak jauh dari stasiun. Jaraknya kira-kira 550 meter dan dapat dijangkau dengan berjalan kaki jika dari stasiun. Warga menjadikan tempat kuliner ini salah satu paling Populer Kota Medan.

Itulah 10 tempat kuliner yang hits di Kota Medan. Dengan sajian dan suasana yang istimewa. Cocok buat Anda yang hobby berkuliner dan menyantap makanan lezat serta nikmat. Pastinya tiada kata penyesalan juga mencobanya.

Artikel | Tria Marthalena Sitinjak

Related posts

Leave a Comment