PWI Madina Bahas Kamtibmas dengan Kapolres Pasca Kisruh Mompang Julu

keamanan dan ketertiban masyarakat

topmetro.news – Para pengurus dan anggota PWI Madina (Persatuan Wartawan Indonesia – Kabupaten Mandailing Natal) melakukan audensi dengan Kapolres Madina AKBP Horas Tua Silalahi, Selasa (21/7/2020). Mereka membahas soal keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Audensi dilakukan di ruangan Kapolres Madina. Hadir Ketua PWI Madina Muhammad Ridwan Lubis, Sekretaris Abdul Holik Nasution, Bendahara Zamharir Rangkuti, dan anggota PWI Madina lainnya.

Dalam audensi, menanggapi pertanyaan PWI terkait kamtibmas pasca-kerusuhan Desa Mompang Julu dan desa lainnya, AKBP Horas Tua Silalahi menjelaskan, bahwa sejauh ini terkait kejadian yang disinyalir akibat penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD), sudah aman dan kondusif.

“Saya berharap dari kejadian yang telah lalu itu, semua pihak bisa mengambil hikmahnya. Dan untuk ke depannya semoga kita semua bisa lebih mengedepankan jalan musyawarah serta mufakat dalam memutuskan suatu masalah. Agar tidak ada masyarakat yang menjadi korban,” sebutnya.

“Lalu, saya juga meminta kepada seluruh rekan-rekan agar selalu menciptakan suasana yang nyaman dan memberikan edukasi baik serta informasi yang sejuk. Agar Kabupaten Madina kita ini semakin kondusif. Apalagi sebentar lagi kita akan menjalankan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada),” lanjut dia.

Tindakan Persuasif

Bercermin dari kejadian yang lalu, kata Kapolres, mereka juga telah melakukan beberapa tindakan persuasif di tengah masyarakat. Tentunya dengan selalu berkoordinasi dengan pihak pemerintahan. Baik itu pemerintahan kecamatan maupun desa.

“Langkah konkrit yang kita lakukan guna menciptakan kamtibmas yakni mengutus setiap Bhabinkamtibmas agar selalu turut serta di dalam musyawarah desa. Dan langsung menghadirkan kapolsek dalam setiap adanya penyaluran bantuan di desa,” katanya.

“Selain untuk menciptakan kamtibmas, hal ini juga kita lakukan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat dari gangguan ataupun oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dalam hal gangguan kamtibmas di tengah masyarakat,” lanjutnya.

Bukan itu saja, sambung dia, dalam hal memberikan kamtibmas dan informasi kepada masyarakat, mereka juga telah membuat spanduk, posko, dan call center. Ditujukan bagi masyarakat yang ingin memberikan laporan atau pengaduan terkait itu.

Apresiasi PWI Madina

Sementara Muhammad Ridwan Lubis menuturkan ucapan terima kasihnya atas waktu yang diberikan AKBP Horas Tua Silalahi kepada PWI Madina.

Dan PWI Madina juga sangat mengapresiasi langkah-langkah persuasif yang telah dilakukan polres selama ini dalam menyikapi dan menyelesaikan permasalahan di Kabupaten Madina. Khususnya kerusuhan di Desa Hutapuli Kecamatan Siabu, Desa Hutadame, dan Desa Mompang Julu Kecamatan Panyabungan Utara, terkait masalah penyaluran BLT DD.

“Kita dari PWI Madina juga siap membantu dan bekerjasama dengan Polres Madina dalam hal memberikan informasi dan edukasi yang positif kepada masyarakat. Agar kamtibmas di Kabupaten Madina selalu terjaga,” tandasnya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment