KPU Samosir Gelar Rekapitulasi Calon Perseorangan

rekapitulasi calon perorangan

topmetro.news – KPU Samosir menggelar rekapitulasi dukungan calon perorangan tingkat Kabupaten Samosir yang memenuhi syarat untuk mendukung bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Samosir pada Pilkada Samosir Tahun 2020 dari jalur perseorangan pasangan Marhuale Simbolon dan Guntur Sinaga.

Rekapitulasi tersebut dilaksanakan di Kantor KPU Samosir, Senin (20/7/2020), dan dihadiri Bawaslu Samosir, aparat Polres Samosir, Kepala Kantor Kesbang Linmas Samosir, dan Tim Penghubung Tim Marhuale – Guntur (Marguna).

Ketua KPU Samosir Ika Rolina Samosir mengatakan bahwa dalam melakukan verifikasi lapangan dilakukan dengan metode sensus dan telah melakukan proses verifikasi lapangan di setiap desa.

“Kita langsung menjumpai pendukung satu persatu pada tahap verifikasi lapangan. Dan verifikasi kita diawasi oleh Bawaslu dan jajaran,” terangnya.

Menurut Ika, pasangan calon perseorangan harus memenuhi jumlah dukungan suara sesuai dengan syarat dukungan yang telah ditentukan sebanyak 9304 suara supaya lolos untuk mengikuti Pilkada Samosir 2020.

Dan setelah verifikasi faktual di lapangan, sebanyak 7.764 suara/dukungan yang diputuskan memenuhi syarat untuk mendukung bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Samosir.

“Pada tahap perbaikan pasangan calon perseorangan Marhuale Simbolon – Guntur Sinaga wajib menyerahkan jumlah dukungan suara yang kurang sebanyak 3.080 suara/dukungan yang akan diverifikasi oleh KPU Samosir,” jelas Ika.

Lebih lanjut Ika menjelaskan bahwa pasangan calon perseorangan wajib memberikan dukungan suara dua kali lipat dari kekurangannya pada masa perbaikan.

Apresiasi KPU dan Bawaslu

Tim Penghubung Marguna, Oloan Simbolon didampingi Maruli Simbolon mengatakan akan berusaha memenuhi kekurangan dukungan suara sebanyak dua kali lipat dari jumlah kekurangan tersebut.

“Tim kami sudah benar-benar siap dan kami punya staregi khusus untuk mencapai dan meloloskan Marhuale Simbolon – Guntur Sinaga untuk ikut dalam Pilkada Samosir 2020,” ungkapnya.

Oloan menyebutkan bahwa Tim Marguna mengucapkan terimakasih kepada KPU dan Bawaslu Samosir karena telah bertindak jujur di lapangan, terutama kepada masyarakat yang telah memberikan dukungannya.

reporter | TIM

Related posts

Leave a Comment