Jelang Idul Adha, Harga Emas di Aceh Rp 3 Juta per Mayam

harga emas di aceh

TOPMETRO.NEWS – Harga emas di Aceh menjelang perayaan Idul Adha dilaporkan melonjak. Perhiasan emas murni di Serambi Mekah ini dijual hampir Rp 3 juta per mayam (3,3 gram) atau di kisaran harga Rp 2,98 juta per mayam menjelang Hari Raya 1441 Hijriyah. Padahal sebelumnya, harga jual perhiasan emas murni dengan kadar 99 persen itu bertahan di harga Rp 2,85 juta/mayam.

Harga Emas di Aceh Jadi Aset Paling Aman

“Lonjakan harga perhiasan emas ini mengikuti kenaikan harga emas dunia di masa pandemi COVID-19. Karena emas dianggap sebagai aset paling aman saat ini,” kata Rusdi, seorang pedagang emas di Meulaboh, Aceh Barat ditulis Selasa (28/7/2020).

Kenaikan Harga Jual

Selain kenaikan emas kadar 99 persen, harga jual emas kadar 97 persen atau jenis perhiasan emas London juga mengalami kenaikan harga jual menjadi Rp 2,85 juta per mayam dari harga sebelumnya Rp 2,75 juta per mayam.

Sedangkan harga jual emas 24 karat atau kadar 87 persen, kata Rusdi juga mengalami kenaikan harga jual menjadi Rp 2,5 juta dari sebelumnya bertahan di harga Rp 2,4 juta per mayam.

Akibatnya Permintaan Menurun Drastis

Rusdi mengakui, akibat naiknya harga jual perhiasan emas di Aceh menyebabkan permintaan masyarakat untuk membeli perhiasan mengalami penurunan drastis mencapai 90 persen.

“Biasanya ada pelanggan yang membeli emas setiap hari paling sedikit sepuluh orang, tapi sekarang nyaris tidak ada. Kebanyakan masyarakat yang menjual perhiasan untuk kebutuhan Hari Raya Idul Adha yang akan segera tiba,” kata Rusdi menambahkan.

Tren Emas Dunia

Meski begitu, Rusdi belum bisa memastikan apakah harga jual perhiasan emas di Aceh akan mengalami kenaikan atau sebaliknya mengalami penurunan.

Sebab, kata dia, kini tren kenaikan harga emas dunia masih terus melonjak ditengah ketidakpastian ekononi selama masa pandemi.

BACA SELENGKAPNYA | Wow…!! Harga Emas Tembus Rp 944.000 per Gram

Seperti dilaporkan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, harga emas tembus melejit. Untuk kadar 24 karat bersertifikat PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), misalnya, Jumat (3/4/2020) silam, sudah menembus level Rp 944.000 per gram. Naik Rp 26.000 dari sebelumnya. Sedangkan harga jual atau pembelian kembali (buy back) emas Antam di Rp 845.000 per gram.
Harga jual kembali itu, belum mempertimbangkan pajak jika nominalnya lebih dari Rp 10 juta.

Reporter | Dpsilalahi
sumber/foto | Antara/suara/tirto

Related posts

Leave a Comment