Bupati Sergai Gelar Rapat Sakip “Fokuskan Pada Outcome, Bukan Output”

Bupati Sergai

topmetro.news – Bupati Sergai (Serdang Bedagai), Ir. H. Soekirman melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, menghadiri Rapat Kerja Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Sergai bertempat Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (11/08/2020).

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekdakab, Bupati menyebut implementasi SAKIP sejalan dengan arahan Presiden pada berbagai kesempatan yang menyampaikan bahwa instansi pemerintah harus berorientasi pada outcome, bukan lagi output.

“Melalui SAKIP, Pemerintah Daerah fokus pada pencapaian prioritas pembangunan daerah melalui perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, efisien, serta monitoring dan evaluasi hasil-hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan berkala,” sebutnya.

Bupati Sergai Sampaikan Hasil Evaluasi

Bupati memberitahukan bahwa hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2019, Kabupaten Sergai masih memperoleh nilai 64,32 dan diganjar predikat B.

“Selanjutnya kita harapkan nilai akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah Kabupaten Sergai meningkat menjadi BB sesuai dengan target RPJMD. Sehingga dibutuhkan kerjasama kita semua untuk mewujudkannya,” sebut Bupati Sergai.

Namun di tengah kondisi pandemi Covid-19, Bupati menyebut perencanaan dan penganggaran mengalami perubahan. Ia menambahkan, perubahan perencanaan harus tetap memperhatikan indikator kinerja utama atau IKU perangkat daerah.

Baca Juga: Pembangunan Desa di Kecamatan Sei Rampah, Bupati Sergai Ingatkan Desa Taat Pajak

“Perubahan penganggaran (refocusing) dengan menghilangkan kegiatan-kegiatan yang kurang mendukung sesuai dengan cascading, dan pemanfaatan hasil refocusing untuk pencegahan dan penanganan Covid-19, serta pemulihan ekonomi. Oleh karena itu, menghadapi evaluasi SAKIP tahun ini agar kita lebih difokuskan terhadap strategi perubahan perencanaan dan refocusing anggaran terkait dengan kondisi pandemi Covid-19. Untuk itu saya mengajak saudara untuk mempersiapkan bahan evaluasi dengan sebaik-baiknya,” pungkas Bupati Sergai seperti yang disampaikan Sekdakab.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Asisiten III Hj. Irwani Jamila, para Kepala OPD dan Para Kasubbag Perencanaan.

Reporter | Dina Mariana

Related posts

Leave a Comment