Ronald Koeman Resmi Jadi Pelatih Barcelona Selama Dua Tahun

ronald koeman jadi pelatih barcelona

topmetro.news – Manajemen Barcelona resmi menunjuk Ronald Koeman sebagai pelatih. Pelatih 57 tahun itu dikontrak manajemen Barcelona, selama dua tahun atau hingga 30 Juni 2022. Konfirmasi itu diungkapkan Barcelona di laman resmi mereka.

“FC Barcelona dan Ronald Koeman mencapai kesepakatan dengan pria asal Belanda. Ia akan memimpin tim hingga 30 Juni 2022,” tulis pernyataan resmi Barcelona.

Koeman bukanlah orang baru di tubuh Barcelona. Pelatih berambut pirang itu sempat enam musim (1989-1995) membela Barcelona. Dalam kurun tersebut, Koeman menghadirkan 10 trofi, dan salah satunya merupakan gelar Liga Champions.

Bahkan, gol kemenangan 1-0 Barcelona atas Sampdoria, di final Liga Champions 1991-1992 dilesakkan Koeman. Saat itu, tembakan Koeman dari luar kotak penalti gagal diamankan kiper Sampdoria, Gianluca Pagliuca.

Baca Juga : Ronald Koeman Datang, Formasi Barcelona Berubah Tanpa Lionel Messi

Kemudian pada 1 Juli 1998 hingga 31 Desember 1999, Koeman sempat menjabat sebagai asisten Louis van Gaal. Setelah bekerja sebagai asisten Van Gaal. Ronald Koeman sempat menjajal sejumlah klub untuk menjalani tugas sebagai pelatih kepala, bersama Ajax Amsterdam, Valencia, PSV, Valencia, AZ Alkmaar, Everton hingga Timnas Belanda.

Sejauh ini, prestasi tertinggi Koeman sebagai pelatih membawa Ajax dua kali juara Liga Belanda. Serta PSV satu kali menjadi kampiun ajang yang sama. Sementara bareng Timnas Belanda, Koeman membawa Der Oranje finis runner-up di UEFA Nations League 2018-2019. Dan lolos ke Piala Eropa 2020. Karena itu, menarik menanti kiprah Koeman bersama Barcelona. Kemungkinan besar, Koeman akan menggunakan pola 4-2-3-1 bersama Barcelona.

Nasib Coutinho di Barcelona Tergantung Pelatih Ronald Koeman

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu mengatakan bahwa, nasib Philippe Coutinho tergantung Ronald Koeman. Yang akan menjadi pelatih baru tim asal Catalan tersebut.

Bartomeu sebelumnya mengonfirmasi bahwa, Koeman segera mengambil alih kursi pelatih Blaugrana usai klubnya, dipermalukan Bayern Munich di perempatfinal Liga Champions dengan skor 8-2. Pelatih Quique Setien dan direktur teknis Eric Abidal dipecat. Pemecatan itu terjadi beberapa hari, usai Barcelona kalah telak di Stadion Da Luz, Lisbon Portugal pada pekan lalu.

Coutinho, yang dipinjamkan ke Bayern sejak 2019 lalu bermain, sebagai pemain pengganti pada laga tersebut. Dia mencetak dua gol dan satu assist. Mantan pemain Liverpool itu dikaitkan dengan sejumlah klub, pada bursa transfer musim panas ini, termasuk kembali ke Liga Inggris. Namun, Bartomeu menegaskan bahwa nasib pemain berusia 28 itu tergantung Koeman.

“Pelatih kepala akan membuat keputusan. Jika dia (Koeman) ingin mempertahankannya (Coutinho). Tahun depan dia akan bermain bersama kami,” kata Bartomeu mengutip Mirror, Rabu (19/8/2020).

reporter | yofe

Related posts

Leave a Comment