Stadion RheinEnergie Jadi Tempat Final Liga Europa 2019/20

stadion rheinEnergie

topmetro.news – Final Liga Europa musim 2019/2020, akan berlangsung pada 21 Agustus 2020 waktu setempat atau 22 Agustus dini hari WIB. Pertandingan puncak itu akan mempertemukan Inter Milan melawan Sevilla. Partai puncak yang diprediksi berjalan ketat dan sengit itu akan berlangsung di Stadion RheinEnergie, Cologne, Jerman.

Sama seperti di Liga Champions, Stadion RheinEnergie bukan venue final yang ditunjuk jauh-jauh hari. Stadion tersebut kebagian peran sebagai venue final Liga Europa 2019/2020, sebagai imbas pandemi virus corona yang menyebar di berbagai belahan dunia. Final Liga Europa 2019/2020 semula dijadwalkan berlangsung, pada 27 Mei di Stadion Energa Gdańsk in Gdańsk, Polandia.

Namun, semua rencana menjadi berantakan karena pandemi virus corona yang mengguncang dunia sejak awal tahun. Seluruh kompetisi olahraga, termasuk sepak bola, di berbagai belahan dunia terpaksa dihentikan sementara, pada Maret 2020 untuk mencegah penularan Covid-19. Liga-liga domestik di Eropa dihentikan sementara. UEFA juga memutuskan menunda final karena pandemi Covid-19.

Pada 17 Juni 2020, Komite Eksekutif UEFA memilih merelokasi partai final ke Cologne, serta mengubah format turnamen. Sejak babak delapan besar, Liga Europa juga menggunakan format mini turnamen, tanpa sistem kandang dan tandang. Pertandingan digelar di empat stadion di Jerman.

Stadion RheinEnergie ini berlokasi di kota Müngersdorf

Stadion RheinEnergie ini berlokasi di area kota Müngersdorf, yang merupakan kandang dari klub Jerman, FC Koln. Stadion dipugar mulai 2002 dan rampung pada 2004, untuk menjadi salah satu venue Piala Dunia 2006.

Stadion ini belum pernah punya pengalaman menggelar final kompetisi Eropa, baik Liga Europa maupun Liga Champions. Jadi, ini akan menjadi momen spesial bagi RheinEnergieStadion.

Sayangnya, pertandingan akan berlangsung dalam kondisi stadion yang sepi. UEFA memutuskan semua laga Liga Europa sejak perempat final, hingga final berlangsung tanpa penonton.

Pertandingan ini juga menandai kembalinya final Liga Europa ke wilayah Jerman. Kali terakhir Jerman menjadi tuan rumah partai final Liga Europa adalah pada 2010. Stadion ini kali pertama dibuka pada 1923, dengan nama Müngersdorfer Stadion dan pernah mengalami dua kali pemugaran.

Stadion RheinEnergie kemudian menjadi kandang FC Koln sejak 1948. Selain menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006, stadion ini juga menjadi venue Piala UEFA 1988 dan Piala Konfederasi 2005.

reporter | yofe
bebagai sumber

Related posts

Leave a Comment