Pemkab Samosir Gelar Seminar Nasional dan Workshop Peningkatkan Kompetensi Guru

Peningkatkan Kompetensi Guru

topmetro.news – Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pendidikan menggelar Seminar Nasional dan Workshop Peningkatkan Kompetensi Guru pada Era Digital, dengan Tema ‘Guru di Atas Garis’.

Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM membuka kegiatan tersebut, bertempat Aula HKBP Mogang, Kecamatan Palipi, Senin (31/8/2020).

Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM dalam arahannya menyampaikan, bahwa seminar ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi guru dalam rangka peningkatan kapasitas dan kompetensi pada era digital saat ini.

“Guru adalah ujung tombak serta sentral peningkatan pendidikan. Oleh karenanya kesempatan ini jangan disia-siakan dan diikuti dengan baik. Sehingga para guru mampu bersaing pada era serba digital dan mampu melahirkan karya-karya ilmiah yang baik sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat,” ujarnya.

Tantangan Guru

Rapidin juga menjelaskan, bahwa perkembangan Samosir saat ini sudah semakin pesat. Melalui dukungan Presiden Joko Widodo, tentunya dengan jaringan komunikasi politik dari daerah ke pemerintah pusat. Pemerintah pusat saat ini ada menggelontorkan dana sekira Rp897 miliar. Dana itu untuk mendukung pembangunan pariwisata dan infrastruktur Samosir. Yang ke depan dapat memberi effect multiplier dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi melalui industri pariwisata.

“Oleh karenanya dibutuhkan SDM yang andal dan mumpuni dalam mengeksekusi dan mengisi pembangunan ini. Maka ini merupakan tantangan bagi para tenaga pendidik untuk membentuk dan melahirkan SDM yang andal melalui pendidikan yang berkualitas,” ujar Rapidin.

Kadis Pendidikan Rikardo Hutajulu dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan seminar merupakan kerjasama Pemkab Samosir dengan Penerbit PT. Erlangga. Dan akan berlangsung sejak 31 Agustus sampai 5 September 2020.

Para kepala sekolah dan guru SD dan SMP se-Kabupaten Samosir mengikuti acara ini. Panitia mengundang narasumber, seperti Maruli Panjaitan, Nancy Lumbanbatu, dan Sabam Silaban.

reporter | TIM

Related posts

Leave a Comment