Ketua DPRD Sumut Minta Pemko Medan Serius Tangani Drainase

masalah drainase

topmetro.news – Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting minta Pemko Medan lebih serius menangani masalah drainase. Khususnya seputar kawasan Jalan Ladang Kelurahan Titikuning Kecamatan Medan Johor yang tidak kunjung mendapat perbaikan. Sehingga pemukiman terkesan kumuh.

Baskami Ginting menyampaikan hal itu saat pelaksanaan kegiatan reses III DPRD Sumut Tahun Sidang I 2019-2020 Dapil Sumut 2 (Medan Sunggal, Medan Barat, Helvetia, Tuntungan, Johor, Maimoon, Polonia, Baru Petisah, dan Selayang). Reses berlangsung di Lapangan Berlian Sari Kelurahan Kedai Durian, Kecamatan Medan Johor, Rabu (9/9/2020).

Menurut warga setempat yang sudah mendiami kawasan itu puluhan tahun, pemukiman pinggiran rel kereta api lintas Medan-Delitua, layaknya kawasan kumuh, karena ketiadaan drainase. Karena itu, warga minta Pemko Medan segera menangani drainase seputar kawasan tersebut.

Terkait infrastruktur yang dikeluhkan warga yang tinggal di pinggiran rel kawasan Titi Kuning dan Delitua, Baskami Ginting mengatakan permasalahan tersebut harus dikoordinasikan dengan pihak PT KAI (Kereta Api Indonesia).

Kawasan rel masih milik dan tanggungjawab PT KAI. Sehingga, tegasnya, jika ada pihak membangun tembok melintasi kawasan rel, harus berkoordinasi dengan PT KAI. Termasuk soal oknum yang bangun tembok tanpa berkoordinasi dengan warga.

Dalam pertemuan kegiatan reses itu, warga meminta adanya pembangunan drainase. Lalu pihak kecamatan menyebutkan pada Tahun Anggaran 2021, Dinas PU Medan sudah memasukkan usulan pembangunan drainase sepanjang 800 meter.

Warga juga mengeluhkan kawasan Pekuburan Delitua yang menjadi tempat pembuangan sampah. Padahal, beberapa waktu yang lalu, warga bersama pihak Kelurahan Kedai Durian, sudah membersihkan termasuk membuat pagar. Tapi saat tidak ada pengawasan, kembali sampah menggunung. Warga minta pengawasan ketat terkait wilayah pekuburan itu.

Pemprov dan Pemko Medan

Baskami Ginting juga mengatakan, usulan maupun keluhan masyarakat akan ia sampaikan ke plt walikota. Termasuk mengupayakan koordinasi PU provinsi dan Kota Medan, sehingga pembangunan akan berkesinambungan.

Hadir dalam kesempatan itu, Lurah Kedai Durian Rizki Hari Adam Lubis, Ketua PSMTI Medan Amplas Jhoni Hock, Ketua Plh PDIP Medan Johor, Ketua Ranting PDIP Kelurahan Kedai Durian, dan ratusan warga sekitarnya.

Pada kesempatan itu Baskami Ginting mengingatkan warga tetap mengikuti protokol kesehatan. Yakni, dengan memakai masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas, serta mengurangi berkumpul secara berkerumun.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment