Telkom Indonesia Perkuat Digitalisasi di Pulau Sumatera

bisnis digital di Sumatera

topmetro.news – Potensi pertumbuhan bisnis digital di Pulau Sumatera harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar membawa banyak manfaat bagi masyarakat. Dukungan agar potensi tersebut tergali dan membawa kemaslahatan bagi seluruh pihak termasuk bagi penyedia jasa layanan telekomunikasi.

Sebagai perusahaan yang fokus bergerak di bidang Telekomunikasi dan ICT, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. berkomitmen mendukung seluruh potensi bisnis digital yang ada di Pulau Sumatera.

Komitmen ini disampaikan langsung oleh Executive Vice President (EVP) Telkom Regional I Sumatera Machsus Kusuma Apriyono dalam acara Meet & Share Telkom Indonesia dengan jurnalis di kawasan Medan dan sekitarnya, Selasa (6/4/2021).

Hadir dalam acara itu, Assistant Vice President (AVP) External Communication Telkom Rifa Herdian dan belasan jurnalis di kawasan Sumatera.

Konektifitas Digital

Pada kesempatan itu, Machsus menyebutkan pentingnya melaksanakan pembangunan konektifitas digital. Artinya, ‘digital connectivity’ yang kuat, akan tercipta peluang bagi pelaku bisnis digital di Sumatera untuk tumbuh dan berkembang.

“Telkom menyadari betul tingginya potensi pertumbuhan bisnis digital di Sumatra. Tidak hanya ‘digital connectivity’, namun juga ‘digital platform’ dan ‘digital services’. Akan tetapi, potensi ini tak akan menjadi apa-apa tanpa kehadiran infrastruktur telekomunikasi digital yang mumpuni. Karena itu, kami menegaskan kesiapan untuk mendukung pembangunan serta pengembangan ‘digital connectivity’ demi kemajuan perekonomian di Sumatera,” tutur Machsus.

Pertumbuhan kegiatan dan bisnis digital di Pulau Sumatera terus meningkat, terlebih pasca Pandemi Covid-19. Hal ini terjadi karena banyak masyarakat yang bekerja dan sekolah dari rumah masing-masing, sebagai bagian dari pemenuhan Protokol Kesehatan Covid-19.

Berpindahnya kegiatan masyarakat dari fisik ke virtual, meningkatkan kebutuhan akan akses data internet dan layanan digital. Saat ini ada lebih dari 1,3 juta pelanggan Indihome di Pulau Sumatera. Untuk melayani jutaan pelanggan tersebut, Telkom Indonesia hadir dengan menyediakan layanan internet berjaringan fiber optik di 10 provinsi, 100 persen coverage di 154 kabupaten/kota. Serta hadir di 84 persen dari total 1.637 kecamatan di Pulau Sumatra.

“Kehadiran Telkom Grup bertujuan mendukung Pulau Sumatra untuk menjadi ‘broadband island’. Selain menyediakan layanan via jaringan fiber optik, kami juga menghadirkan servis melalui Telkomsel Orbit untuk masyarakat Sumatera yang belum terlayani jaringan fiber optik. Telkomsel Orbit adalah layanan ‘broadband wireless’, yang layanannya saat ini sudah menjangkau 90 persen lebih wilayah di Pulau Sumatera,” tuturnya.

Digital Platform & Services

Pada kesempatan yang sama, Rifa Herdian menyebut saat ini Telkom tengah fokus untuk mendukung perkembangan bisnis digital telekomunikasi melalui penyediaan ‘digital platform’ dan ‘digital services’. Hal ini sejalan dengan transformasi bisnis perusahaan. Dari semula berfokus pada bisnis ‘legacy’ menjadi telekomunikasi digital (digital telco).

Transformasi dilakukan Telkom Indonesia didorong oleh kebutuhan ‘digital platform’ dan ‘digital service’ telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat serta pebisnis. Peran penting jaringan telekomunikasi digital juga terlihat dari semakin banyaknya media massa yang kini hadir dalam format daring.

“Perubahan ini kami wujudkan di antaranya dengan memperkuat kemitraan antara Telkom Indonesia dengan perusahaan-perusahaan rintisan (startup), penyediaan layanan big data, serta mengakomodasi kebutuhan penyimpanan data pelanggan melalui komputasi awan. Kami mendukung agar ke depannya lebih banyak lagi pelaku bisnis, UMKM, serta masyarakat Sumatera yang memaksimalkan pemanfaatan platform digital untuk dapat ‘go global’ dan meningkatkan daya saing,” ujar Rifa.

Perubahan bisnis Telkom Indonesia menjadi perusahaan penyedia layanan ‘digital telco’ terlihat dari semakin luasnya cakupan infrastruktur fiber optik perusahaan di seluruh Indonesia. Keberadaan satelit serta menara 4G dan 5G Telkom di berbagai daerah turut menjadi fondasi penting penyediaan ‘digital platform’ dan ‘digital services’ untuk seluruh lapisan masyarakat.

Saat ini, produk ‘digital platform’ milik Telkom meliputi layanan ‘data center & cloud computing’, ‘platform big data’, finansial, kesehatan, pendidikan, serta ‘cyber security’. Kemudian, ‘digital services’ Telkom Indonesia hadir dalam berbagai bentuk. Seperti tayangan digital UseeTV, games, aplikasi lagu daring, serta aplikasi seperti PaDi UMKM, Bonum POS, Agree, dan masih banyak lainnya.

penulis | Erris JN/REL

Related posts

Leave a Comment