Pertamina Serah Terima Sanitasi ke Pemkab Humbahas

Bupati Humbahas hadiri

topmetro.news – Bupati Humbahas (Humbang Hasundutan) Dosmar Banjarnahor SE hadiri serah terima program dukungan TJSL (tanggung jawab sosial dan lingkungan) PT Pertamina untuk pengembangan desa wisata di destinasi pariwisata Super Prioritas Danau Toba.

Acara berlangsung di Desa Aritonang, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara. Jumat (16/4/2021).

Dalam sambutan via daring, Kemenko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan agar kepada para bupati untuk merawat toilet hasil pemberian PT Pertamina. Selain itu, agar tidak menganggap remeh peran toilet.

“Toilet itu kelihatannya sederhana. Namun kita bayangkan. Jika turis tidak bisa ke toilet karena tidak ada toilet maka itu nanti akan menjadi repot. Karena itu peran toilet ini sangat essensial,” kata Luhut.

Pariwisata Prioritas

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, juga via daring, menekankan pentingnya toilet berkualitas untuk menjadikan destinasi pariwisata yang berkualitas dan prioritas.

“Pariwisata tidak akan bangkit, tidak akan mampu menjadi tempat pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan tanpa toilet yang berkualitas. Destinasi tidak berprioritas kalau toiletnya tidak berkualitas,” sebutnya.

Khusus di Kabupaten Humbang Hasundutan, terdapat tiga desa wisata yang masuk usulan dalam program itu. Antara lain adalah, Desa Pearung, Desa Tipang, dan Desa Marbun Toruan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar (via daring). Wakil Menteri 1 BUMN Pahala Nugraha Mansury (via daring). Direktur Utama PT Pertamina yang diwakili Direktur SDM PT Pertamina M Erry Sugiharto (via daring).

Kemudian ada Dewan Komisaris PT Pertamina Condro Kirono, Asdep Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenko Marves, Kosmas Harefa (via daring). Selain itu ada Bupati Taput Nikson Nababan, Wakil Bupati Toba Tonny Simanjuntak, Sekdakab dan Humbang Hasundutan Drs Tonny Sihombing MIP.

reporter | AfG

Related posts

Leave a Comment