Hijaukan Kawasan Danau Toba, Pemprovsu Gandeng Djarum Foundation

Hijaukan Kawasan Danau Toba

topmetro.news – Hijaukan kawasan Danau Toba, Pemprovsu menggandeng Djarum Foundation. Untuk merealisasikannya, Wagubsu Dr Nurhajizah Marpaung Selasa 16 Januari 2018 bertemu dengan pengurus Djarum Foundation membicarakan penghijauan kawasan Danau Toba itu di ruang kerja Wagubsu lantai 9 kantor Gubsu.

Rombongan Djarum Foundation yang hadir dipimpin Vice President Djarum Foundation, FX Supanji bersama beberapa pengurus lainnya. Sedangkan Wagubsu didampingi Kadis Kehutanan Provsu Ir Halen Purba dan Kadis Lingkungan Hidup Provsu Dr Hidayati.

Wagubsu pada kesempatan itu mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya kepada PT Djarum untuk bersama-sama menghijaukan 7 kabupaten/kota se-kawasan Danau Toba. Karena menurut Wagubsu bahwa telah banyak hutan-hutan khususnya di sekitar danau toba yang gundul.
“Diharapkan PT Djarum bisa ikut sama-sama menanam pohon di geoarea Kaldera Toba,” kata Wagubsu.

Dijelaskannya, pemerintah sedang membangun kawasan danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, khususnya di provinsi Sumatera Utara. Bahkan Danau Toba juga sudah dijadikan ikon pariwisata nasional setelah Bali.

Selain itu Pemprovsu juga sedang memenuhi seluruh rekomendasi UNESCO agar Gepark Kaldera Toba dapat masuk menjadi GGN UNESCO. “Penghijauan hutan, salah satunya,” ujar Wagubsu.

Kadis Kehutanan Provsu Ir Halen pada kesempatan itu juga menyampaikan, bila memungkinkan khususnya kepada Djarum Foundation untuk tahap awal ditanam di sekitar Bandara Silangit. “Mulai dari hutaginjang, Sipinsur hingga ke Humbang Hasundutan sangat memungkinkan untuk ditanami pohon,” ujar Halen.

Vice President Djarum Foundation FX Supanji pada kesempatan itu menyambut positif ajakan Wagubsu. Karena lanjutnya dari tahun-tahun global warming semakin jelek. Dan ini tentunya tidak bisa terus dibiarkan.

“Kita sangat menyambut baik ajakan dari ibu Wagubsu, karena ini bukan untuk kehidupan manusia di bumi ini. Kita harus konsen dengan membangun penghijauan bagi hutan-hutan kita. Seluruh masyarakat harus diajak ikut serta,” katanya.

Hijaukan Tol Kualanamu-Tebingtinggi

Khusus untuk daerah kawasan Danau Toba Djarum Foundation akan ikut berpartisipasi menanami pohon-pohon di kawasan sekitar Danau Toba seperti yang diminta Wagubsu. Seperti yang telah dilakukan pihaknya pada jalan tol trans Jawa dengan menanami pohon di pinggiran jalan tol.

“Djarum Foundation sendiri nantinya akan mengadakan survei ke daerah-daerah sekitar Danau Toba untuk nantinya bisa ikut membangun penghijauan. Lebih jauh bila memungkinkan kita akan ikut menghijaukan sekitar jalan tol trans Sumatera yakni Kualanamu-Tebing Tinggi,” sebutnya.(erris)

Related posts

Leave a Comment