Antasari: Firli Bahuri Harus Kuasai Seluruh Lantai Gedung KPK

Gedung KPK

topmetro.news – Antasari Azhar meminta Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) terpilih Firli Bahuri menguasai seluruh lantai di dalam Gedung KPK. “Firli harus bisa menguasai seluruh lantai di Gedung KPK,” kata Antasari di Solo, Sabtu (14/9/2019).

Kapolda Sumatera Selatan itu diharapkan mampu memimpin semua organ di tempat barunya. Firli juga harus bisa membangun hubungan komisioner dengan pegawai dengan lebih harmonis.

Antasari mengatakan hubungan antara komisioner dengan pegawai di KPK belakangan ini tidak harmonis. “Pegawai jalan sendiri, pimpinan juga jalan sendiri. Hal itu terjadi lantaran tidak ada sinergitas antara pimpinan dengan pegawai,” kata mantan Ketua KPK itu.

Dia berharap Firli bisa berperan sebagai manajer yang baik dengan cara merangkul semua pegawai di gedung itu. “Dia harus menjadi manajer. Baik manajer perkara maupun sumber daya manusia,” lanjut Antasari.

BACA JUGA | Firli, Sosok Kontroversial yang Kini Jadi Ketua KPK

Kredibilitas Firli Bahuri

Antasari mengatakan, tidak melihat adanya persoalan dengan kredibilitas Firli. Walau di lain pihak, pimpinan KPK menyatakan Firli melanggar kode etik saat menjabat sebagai deputi menindakan di KPK. “Saya sendiri tidak melihat adanya pelanggaran baik formal maupun yuridis,” katanya.

Sebagaimana diberititakan, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, Firli Bahuri terbukti melakukan pelanggaran etik berat semasa menjabat sebagai Deputi Penindakan.

Menurut Saut, Firli Bahuri melakukan sejumlah pertemuan dengan pihak yang terseret perkara korupsi di KPK. Di antaranya bertemu dengan Tuan Guru Bajang Zainul Majdi yang sedang diperiksa KPK sehubungan dengan divestasi saham Newmont.

sumber | tempo.co

Related posts

Leave a Comment