Workshop Kementrian Peningkatan Air Minum Digelar di Medan

Dirut PDAM Tirtanadi Sumut

topmetro.news – Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri mengadakan ‘workshop’ di Hotel Grandhika Jalan Dr Mansyur Medan pada tanggal 16 – 19 Oktober 2019. Dalam kegiatan ini, Dirut PDAM Tirtanadi Sumut Trisno Sumantri ikut menjadi salah seorang narasumber.

Workshop skala nasional ini digelar dalam rangka peningkatan peran pemda dan PDAM untuk pemenuhan akses layanan dasar air minum bagi masyarakat perkotaan melalui program National Urban Water Supply Project (NUWSP). Diikuti beberapa pejabat baik dari Kemendagri, Kementrian PUPR, Ditjen Cipta Karya, Bappenas, BPPSPAM, dan World Bank. Juga pejabat pemprov serta kabupaten/kota. Serta kalangan dunia usaha bidang air bersih, terdiri dari PDAM dari seluruh Indonesia.

Selain Dirut PDAM Tirtanadi, narasumber lain adalah Dirjen Bina Bangda Dr Ir Muh Hudori MSi. Kasubdit Perkim SUPD II Nitta Rosalin SE MA. Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Ditjen Cipta Karya. Kementrian PUPR dan Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri.

Trisno Sumantri sendiri memaparkan ‘Best Practice Pengembangan SPAM’ di Provinsi Sumut, khususnya Kota Medan. Pada kesempatan itu dia memaparkan langkah-langkah PDAM Tirtanadi dalam mengatasi kekurangan pasokan produksi air minum. Juga mengatasi keterbatasan anggaran PDAM maupun pemerintah dalam menyediakan investasi pembangunan infrastruktur air minum. Di antaranya melakukan kerjasama ‘bussiness to bussiness’ bersama beberapa badan usaha swasta dengan pola ‘build operate & transfer’ (BOT).

Lalu proaktif ikut dalam Program National Urban Water Supplay Project (NUWSP). Dimana dalam program tersebut PDAM Tirtanadi akan mendapat dukungan dana lebih kurang Rp65 miliar yang dapat menunjang perbaikan kinerja PDAM Tirtanadi ke depannya.

Kunjungan Lapangan

Selain workshop, peserta juga melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Limau Manis dan PT Tirta Lyonnaise Medan di Tanjung Morawa. Kunjungan lapangan diikuti seluruh peserta workshop, Jumat (18/10/2019).

Rombongan disambut Dirut PDAM Tirtanadi Sumut Trisno Sumantri didampingi Kepala Sekretaris Perusahaan Humarkar Ritonga, Kepala Litbang Abdi Sucipto, Kadiv. Transmisi Distribusi Muhri Fepri Iswanto, Kadiv. Pengolahan Air Minum Andarianto, Kepala IPAM Limau Manis Astri Dariani, dan GM IPAM TLM Kusitarini Trishanti.

Pada kunjungan lapangan tersebut, Trisno Sumantri menyampaikan rencana PDAM Tirtanadi membangun museum air pertama di Indonesia di lokasi sekitar menara air PDAM Tirtanadi di Jalan SM Raja Medan. Dia pun mohon dukungan pemerintah pusat melalui Kementrian PUPR agar rencana dapat segera dapat terealisasi.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment