Orang Terkaya RI Beli Klub Bola Italia, Berapa Harganya?

Pengusaha Indonesia

topmetro.news – Pengusaha Indonesia dikabarkan membeli saham klub kecil di Italia, Como 1907. Ia membeli saham klub asal Eropa tersebut melalui Sent Entertainment Ltd, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media dan hiburan yang bermarkas di Inggris.

Pengusaha Indonesia tersebut adalah Robert Wijaya Suwanto dan Robert Budi Hartono. Diketahui bahwa Budi Hartono merupakan pemilik perusahaan rokok kretek Djarum. Dia tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai Rp461 triliun.

Como dibeli Sent Entertainment Ltd saat dalam keadaan memprihatinkan. Manajemen klub sangat bermasalah dan memiliki banyak utang dengan berbagai pihak.

Stadion Giuseppe Sinigaglia, yang berkapasitas 13.602 tempat duduk, memiliki kualitas lapangan yang buruk untuk sebuah klub di Italia. Terlihat juga ada bagian atap yang terkelupas catnya.

“Kita beli nggak sampai Rp5 miliar. Istilahnya nebus di pegadaian. 1 Juli kemarin nggak punya pemain sama sekali. Aset yang nggak keurus kita poles lagi,” kata Mirwan Suwarso, perwakilan Mola TV yang merupakan salah satu usaha milik Djarum.

Rumah Pelatihan

Meskipun sempat dinyatakan bangkrut dan berada di level bawah kompetisi Liga Italia, kata Mirwan, Como 1907 dibeli untuk dijadikan sebagai rumah pelatihan Tim Garuda Select.

“Tujuannya ini untuk rumah pelatihan Tim Garuda Select. Garuda Select nggak punya rumah di Inggris, sekarang mereka punya,” terang Mirwan.

BACA | Selain Cristiano Ronaldo Ada 4 Legenda Sepakbola Menjadi Nama Stadion

Sekadar informasi, Garuda Select merupakan program akselerasi pengembangan usia muda hasil kolaborasi PSSI dengan grup Djarum. Sudah mengirim dua angkatan, anak-anak yang terpilih dalam program ini dikirim berlatih langsung di Inggris.

sumber | detikFinance

Related posts

Leave a Comment