Laba Bersih PGN Capai Rp 1,92 Triliun

Laba Bersih PGN

Topmetro.news – Laba bersih PGN sepanjang tahun 2017 mencapai 143,1 juta dolar AS atau setara Rp1,92 triliun (hitungan kurs rata-rata Rp13.381). Sedangkan pendapatan perusahaan tercatat 2,97 miliar dolar AS atau tumbuh dibandingkan periode sebelumnya, yaitu 2,93 miliar dolar AS. Informasi itu disampaikan terkuak dalam siaran pers PT Perusahaan Gas Negara (PGN), kemarin.

Perusahaan plat merah itu mengungkapkan, pertumbuhan pendapatan diperoleh dari hasil penjualan gas sebesar 2,404 miliar dolar AS dan penjualan minyak dan gas sebesar 472,8 juta dolar AS. Sedangkan laba operasi di tahun 2017 sebesar 377,01 juta dolar AS.

Adapun EBITDA sebesar 830 juta dolar AS, naik sebesar 23 juta dolar AS dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 807 juta dolar AS.

”Kami melakukan berbagai upaya efisiensi sehingga mampu mencetak laba di tengah kondisi perekonomian saat ini,” kata Rachmat Hutama, Sekretaris Perusahaan PGN.

Disebutkan, selama periode Januari-Desember 2017, PGN menyalurkan gas bumi sebesar 855,5 BBTUD dengan rincian, volume gas distribusi sebesar 771,55 BBTUD, dan volume transmisi gas bumi sebesar 83,95 BBTUD. Sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian nasional, PGN kata Rachmat, optimistis kinerja akan semakin baik.

Tahun ini, PGN akan tetap mengembangkan infrastruktur gas bumi untuk memperluas pemanfaatan gas bumi bagi masyarakat. Oleh karena itu, perseroan semakin agresif membangun infrastruktur gas bumi nasional untuk meningkatkan pemanfaatan produksi gas nasional. Pada kuartal IV-2017, infrastruktur pipa gas PGN bertambah sepanjang lebih dari 175 km dan saat ini mencapai lebih dari 7.450 km atau setara dengan 80 persen pipa gas bumi hilir nasional.

Dari infrastruktur tersebut, PGN menyalurkan gas bumi ke 1.739 pelanggan industri manufaktur dan pembangkit listrik, 1.984 pelanggan komersial (hotel, restoran, rumah sakit) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), serta 177.710 pelanggan rumah tangga yang dibangun dengan investasi PGN.

Pelanggan Terbesar Sumatera Utara

Sekadar diketahui pelanggan gas bumi PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Sorong Papua.

PGN juga mengelola dan menyalurkan gas bumi untuk transportasi ke 10 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) dan 4 Mobile Refueling Unit (MRU). PGN juga mengoperasikan 2 Floating Storage Regasification Unit (FSRU) yakni di Jawa Barat dan Lampung. (tmn)

sumber: neraca

Related posts

Leave a Comment