Indahnya Pemandian Air Panas ‘Pariban’ di Sidebuk Debuk Berastagi

pemandian air panas berastagi

TOPMETRO.NEWS – Desa Sidebuk-Debuk terletak sekitar 11 km dari Sibolangit menuju Berastagi. Desa ini terkenal dengan pemandian air panasnya yang hangat dan alami. Tak hanya itu, pemandangan alam disekitarnya juga sangat menakjubkan. Tak heran jika banyak wisatawan lokal dan domestik berbondong-bongong mengunjungi desa ini pada hari libur.

Beberapa waktu lalu tim topmetro wisata mengunjugi salah satu tempat pemandian air panas di desa ini. Dari beberapa tempat pemandian, kami memilih pemandian air panas ‘Pariban’ yang namanya sudah cukup terkenal sampai ke Medan.

Pemandian Air Panas Pariban

Pemandian air Panas Pariban terletak di penghujung desa Sidebuk Debuk. Meskipun demikian, tempat ini memiliki fasilitas yang lebih daripada tempat pemandian lainnya yang ada dilokasi ini. Selain memiliki area yang luas dengan pemandangan yang indah, tempat ini juga memiliki 5 kolam air panas dengan tingkat temperatur air yang berbeda. Anda dan keluarga dapat memilih sensasi kehangatan tiap kolamnya satu persatu.

Tak hanya itu, pemandian Pariban ini juga satu-satunya tempat yang sudah memiliki fasilitas waterboom air dingin. Anda dan keluarga juga akan dimanjakan dengan saung-saung lesehan yang luas dan bersih, taman, kantin halal dan  musholla. Sedangkan untuk anak-anak tersedia aneka pilihan taman bermain seperti pulau Kelinci, memberi makan ikan dan permainan motor ATV.

waterboom pemandian pariban

Pariban juga menyediakan aula untuk acara-acara khusus serta penginapan. Bagi anda yang ingin menginap, tarif kamar di Pariban ini cukup murah. Hanya dengan biaya sebesar Rp.150.000 anda sudah dapat menempati sebuah kamar yang bersih dan asri.

Biaya masuk ke Pemandian air panas Pariban ini hanya Rp.10.000/orang. Sedangkan untuk tarif sewa pondok lesehan, harganya berfariasi dari mulai Rp.25.000 s/d Rp.60.000 sesuai dengan ukurannya.

istana kelinci pariban

Ardian (42), pengelola dan penanggung jawab tempat ini menuturkan bahwa sejak didirikan pada Maret 2010 lalu, Pariban memang mengusung konsep berbeda dari tempat pemandian lain yang ada di Desa Sidebuk-debuk. Bukan hanya sebagai tempat pemandian alami seperti pada umumnya, tetapi lebih sebagai tempat rekreasi.

“Bisa dibilang kami ini pembuka calaklah bang. Dulunya tak ada satupun disini yang memakai waterboom dan pemandian air dingin. Kalau wisatawan datang ke Sidebuk-debuk ya mandi-mandi air panas aja, Habis itu pulang. Nah, kami buatlah yang berbeda dari yang lain. Alhamdulillah pengunjungnya rame. Cuma Rp.10.000 aja udah bisa masuk kesini”.

pondok lesehan pariban

Bagi anda yang ingin mengajak keluarga untuk bersantai merasakan kehangatan pemandian air panas di daerah ini, Pariban merupakan tempat yang sangat ideal. Selain murah, pemandian air panas Pariban ini juga sangat indah dan memiliki fasilitas paling lengkap. (TM-WIS)

Related posts

Leave a Comment