10 Manfaat Mentimun Menghilangankan Bekas Jerawat

manfaat mentimun

topmetro.news – Jerawat dapat menyebabkan rasa malu dan ketidaknyamanan pada pria dan wanita. Penyebabnya? bisa dari debu, kotoran, dan sel-sel mati pada pori-pori kulit. Disini kita akan coba berbagi manfaat mentimun menghilangkan bekas jerawat.

Manfaat mentimun untuk wajah memang sangat besar. Tidak hanya untuk mengobati jerawat, bahkan bekas jerawat juga dapat dihilangkan dengan menggunakan mentimun. Simak manfaat terlengkap mentimun untuk menghilangkan bekas jerawat berikut ini:

10 Manfaat Mentimun Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Mudah

Vitamin dan nutrisi penting yang terkandung dalam mentimun memiliki beberapa manfaat luar biasa pada kulit dan seluruh tubuh. Mentimun adalah obat yang ampuh untuk mengobati dan menghilangkan bekas jerawat, bahkan bagi orang-orang dengan kulit sensitif.

  1. Silika yang terkandung pada mentimin menjadi unsur penting membantu memperbaiki sel-sel kulit mati pada jerawat.
  2. Efek pendinginan alami pada mentimun dapat mengurangi kemerahan, peradangan, dan iritasi yang disebabkan oleh jerawat
  3. Mentimun kaya akan vitamin E membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat yang membandel.
  4. Jus mentimun membantu membersihkan pori-pori pada kulit juga menghilangkan kotoran, bakteri, dan minyak berlebih.
  5. Mineral dan asam amino dalam mentimun membantu meremajakan kulit yang kusam.
  6. Mentimun memiliki sifat pendinginan alami. Orang dengan asma, yang menderita pilek sebaiknya menghindari makan mentimun atau menggunakan mentimun pada kulit.
  7. Vitamin esensial seperti A, C dan E yang terdapat pada mentimun mampu melembutkan kulit.
  8. Mentimun membantu mengobati jerawat dan mengurangi munculnya bekas jerawat dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.
  9. Efek dingin pada mentimun membantu mengurangi peradangan dan kemerahan
  10. Vitamin E yang berada di mentimun membantu untuk menggagalkan radikal bebas, karena menunjukkan sifat antioksidan.

Masker Mentimun Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Manfaat Mentimun tidak hanya berhenti sampai disitu. Ternyata, masker mentimun juga memiliki banyak manfaat untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Simak beberapa referensi masker mentimun dari Kami berikut ini:

Mentimun dan masker minyak zaitun

menghilangkan bekas jerawat

Bahan:

  • Sediakan 2 mentimun.
  • Setengah cangkir krim.
  • Satu sendok makan minyak zaitun.
  • Satu sendok madu.

Caranya:

  • Campur dan blender bahan-bahan yang disebutkan di atas.
  • Oleskan campuran tersebut pada jerawat.
  • Diamkan selama 25 menit lalu bersihkan dengan air.

Masker Mentimun dan Madu

menghilangkan bekas jerawat

Bahan:

  • Siapkan setengah cangkir madu.
  • Satu tetes minyak esensial.
  • Jus satu lemon.
  • Siapkan satu buah mentimun.

Caranya:

  • Kupas mentimun dan potong menjadi irisan tipis sehingga Anda bisa menambahkannya ke dalam blender atau food processor.
  • Kemudian campurkan lemon dengan madu dan minyak esensial.

Sebelum menggunakan masker ini, terlebih dahulu sebaiknya Anda mencuci muka. Oleskan campuran madu dengan jus lemon dengan memberikan pijatan melingkar. Diamkan selama 10 menit. Cuci muka dengan air hangat.

Kemudian oleskan jus mentimun di wajah dan leher. Anda juga bisa meletakkan irisan ketimun di mata Anda. Biarkan mentimun selama 15 menit dan bersihkan dengan air hangat.

Masker Mentimun dan Lidah Buaya

menghilangkan bekas jerawat

Manfaat mentimun saat dijadikan masker bersama Lidah buaya tidak usah diragukan lagi. Nutrisi yang yang terdapat pada masker mentimun cukup untuk mengurangi munculnya bekas jerawat. Agar lebih efektif, tambahkan gel lidah buaya. Kandungan vitamin pada Lidah Buaya sangat bagus untuk penyembuhan dan melembabkan kulit.

Caranya:

  • Campurkan 2 sendok makan mentimun yang telah berbentuk bubur dengan 1 sendok makan gel lidah buaya.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender.
  • Oleskan masker campuran di wajah Anda dan biarkan mengering secara alami.

Masker Mentimun dan Jus Lemon

menghilangkan bekas jerawat

Campuran mentimun dan lemon membantu melawan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Efek antibakteri alami dan pemutihan jus lemon membunuh bakteri jerawat dan memudar bekas luka.

Caranya:

  • Kupas dan parut 1 mentimun ukuran sedang.
  • Letakkan dalam kain tipis dan peras hingga mengeluarkan air.
  • Campurkan jus mentimun dengan 1 sendok makan jus lemon segar.
  • Oleskan campuran di wajah yang berjerawat dan bekas jerawat dengan kapas.
  • Biarkan mengering dan bersihkan dengan air bersih

Anda juga dapat mengganti jus lemon dengan cuka sari apel murni atau hanya menggunakan jus mentimun di wajah untuk mengurangi jerawat

Masker Mentimun dan Gula

menghilangkan bekas jerawat

Menghilangkan bekas jerawat, mentimun dan gula adalah cara terbaik untuk mengelupas kulit sensitif agar mampu mengangkat sel-sel mati, debu yang menyumbat pori-pori dan membersihkan wajah.

Caranya:

  • Campur 2 sendok makan gula dengan satu sendok jus mentimun.
  • Oleskan pada wajah dan biarkan selama 10 menit.
  • Lalu gosok wajah dengan jari-jari yang basah, berguna untuk mengangkat sel-sel mati dan membersihkan wajah.

Menghilangkan bekas jerawat, Anda juga bisa mencampur jus mentimun dengan baking soda atau garam laut untuk membuat scrub. Baik baking soda dan garam laut membantu melawan jerawat.

Mentimun Untuk Diet

menghilangkan bekas jerawat

Selain untuk menghilangkan jerawat, ternyata manfaat Mentimun juga dapat kita peroleh untuk diet. Mentimun kaya akan nutrisi penting dan vitamin yang membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mampu menghilangkan bekas jerawat. Efek pendinginan pada mentimun sangat baik untuk tubuh, menghilangkan racun dan membantu melawan jerawat. Menghilangkan bekas jerawat, mengkonsumsi mentimun secara teratur dalam bentuk jus atau salad mampu menurunkan berat badan, sembelit dan menyehatkan kulit.

Jus mentimun:

  • Potong timun menjadi potongan sedang. Taruh semuanya dalam blender dan aduk rata. Minumlah jus mentimun ini setiap hari dengan perut kosong untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Anda akan melihat perbedaan yang menakjubkan pada tubuh Anda dalam waktu 1 hingga 2 minggu.

Salad mentimun:

  • Menghilangkan bekas jerawat, gunakan mentimun segar untuk membuat salad. Untuk membuat salad hijau yang sehat, tambahkan 1 cangkir mentimun cincang, ½ cangkir kecambah, 2 sendok makan daun ketumbar cincang dan 1 sendok teh garam hitam dalam mangkuk. Campur semua bahan. (TM/ART)

Related posts

Leave a Comment