Layanan Eazy Passport Kanim Belawan ‘Bidik’ Rumah Ibadah

Layanan Eazy Passport

topmetro.news – Layanan Eazy Passport yang dilaksanakan petugas Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II TPI Belawan ‘membidik’ pemohon pada rumah-rumah ibadah. Kanim Kelas II TPI Belawan menginovasikan kebijakan Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI dengan sasaran jemput bola terhadap jemaat GBKP Belawan, Minggu (13/9/2020).

“Layanan Eazy Passport yang kita lakukan berbeda dengan sebelumnya dilakukan beberapa Kantor Imigrasi di Kota Medan. Fokus layanan Eazy Passport kita terhadap rumah-rumah ibadah,” terang Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan, Berthi Mustika didampingi Kasi Tikim, Jusup Ginting.

Dengan memanfaatkan mobil Layanan Eazy Passport Divisi Keimigrasian, pihaknya dapat dengan mudah melayani permohonan paspor di GBKP Belawan. Sebab, fasilitas layanan paspor sudah tersedia di mobil tersebut.

“Melalui layanan ini, jemaat rumah ibadah dan masyarakat setempat dapat dengan mudah melakukan pengurusan paspor baru serta pergantian, tanpa harus datang ke kantor Imigrasi. Sesuai arahan Dirjen Imigrasi, inovasi ini juga sebagai bentuk kehadiran Imigrasi di tengah-tengah masyarakat,” imbuhnya.

Layanan Eazy Passport Hingga 4 Oktober Mendatang

Di GBKP Belawan, kata Berthi, pihaknya akan membuka layanan hingga 4 Oktober mendatang, setiap hari Minggu.

“Tidak ada target maupun batasan pelayanan setiap pekannya. Pelayanan permohonan tetap kita lakukan baik terhadap jemaat maupun masyarakat sekitar sepanjang masih beroperasional,” urai Berthi.

Baca Juga: Layanan Eazy Passport di Cemara Asri Diserbu Warga

Dia mengingatkan, pemohon yang mengajukan permohonan paspor pada mobil keliling tersebut harus melengkapi berkas persyaratan yang telah ditentukan dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid 19.

“Kanim Kelas II TPI Belawan juga siap mengunjungi komunitas masyarakat maupun instansi yang mengajukan permohonan paspor pada masa pandemi Covid-19,” bebernya.

Salah seorang jemaat gereja yang turut mengajukan permohonan paspor mengaku sangat mengapresiasi layanan tersebut. Pasalnya tidak perlu lagi pergi ke Kantor Imigrasi dan antri untuk mengurus paspor.

“Kita sangat apresiasi layanan ini. Layanan ini sangat memberikan kemudahan bagi masyarakat. Kalau dulu, kita repot datang ke Kantor Imigrasi, sekarang malah petugas yang mendatangi kita,” paparnya.

Reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment