Layanan Eazy Passport di Cemara Asri Diserbu Warga

Layanan Eazy Passport

topmetro.news – Sejumlah warga Perumahan Cemara Asri antusias mengikuti layanan Eazy Passport yang diselenggarakan petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan bekerjasama dengan Kanim Kelas I TPI Polonia, Kanim Kelas II TPI Belawan, dan Rudenim Medan di Cafe Massa Kok Tong, Cemara Asri, Sabtu (12/7/2020). Terbukti, permohonan yang masuk melebihi kuota yang sebelumnya telah ditentukan yakni 50 permohonan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Supartono didampingi Kabid Dokumen Perjalanan Keimigrasian, Tedy Ryandi menyebutkan layanan Eazy Passport merupakan layanan kemudahan bagi warga yang ingin mengurus paspor secara kolektif. Program ini adalah inisiasi Direktorat Jenderal Imigrasi agar petugas Imigrasi melakukan ‘jemput bola’ melayani warga pada tatanan hidup new normal.

layanan Eazy Passport Kepada Perusahaan, Sekolah dan Perumahan

“Eazy Passport merupakan kemudahan yang diberikan petugas Imigrasi untuk masyarakat yang ingin mengurus paspor secara kolektif. Layanan ini dapat diberikan kepada perusahaan, sekolah, maupun perumahan dengan kuota minimal 50 orang,” terang Supartono.

Menurutnya, animo masyarakat yang hendak mengurus paspor pada kegiatan tersebut cukup tinggi. “Pada kegiatan Eazy Passport, kita hanya melayani permohonan paspor baru dan pergantian paspor. Sedangkan untuk paspor hilang maupun rusak, tetap dilaksanakan di Kantor Imigrasi,” tambahnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sumatera Utara, Sutrisno terlihat memantau pelaksanaan Eazy Passport tersebut. Tidak jarang, orang nomor satu di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara itu berbincang dengan para pemohon untuk menanyakan pendapat masyarakat tersebut tentang layanan Eazy Passport.

Berdasarkan pantauan atas animo masyarakat, Sutrisno berjanji pelayanan ini tidak hanya di Cemara Asri saja, melainkan ditempat lain.

“Layanan ini selain untuk memberi kemudahan, juga mencegah penyebaran virus Covid 19 akibat kerumunan masyarakat khususnya di kantor-kantor imigrasi,” paparnya.

Sutrisno menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan masyarakat khususnya pengusaha yang menyediakan tempat pelaksanaan Eazy Passport. Dimana, petugas dapat lebih mudah dan semakin dalam melayani masyarakat.

“Sepanjang ada permohonan dan memenuhi kuota, kita dapat membuka layanan Eazy Passport ditempat yang diinginkan masyarakat. Ini untuk mempermudah masyarakat mengurus paspor secara kolektif,” urainya.

Reporter | Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment