6 Dusun Desa Pujimulyo Kecamatan Sunggal Terendam Banjir

Kecamatan Sunggal Terendam Banjir

topmetro.news – Akibat curah hujan yang turun dengan lebatnya, sebanyak enam Dusun di Desa Pujimulyo Kecamatan Sunggal, Deli Serdang, terendam banjir, Selasa (29/9/2020) sekira pukul 22.00 wib.

Enam dusun tersebut adalah, Dusun I, Dusun II, Dusun IV, Dusun V, Dusun VI dan Dusun VII di Desa Pujimulyo Kecamatan Sunggal Deli Serdang terkena dampak banjir akibat hujan yang turun sejak petang hingga malam hari. Akibatnya, puluhan bahkan ratusan rumah warga di enam Dusun tersebut terdampak banjir.

Indra (39) salah seorang warga Desa Pujimulyo, Kecamatan Sunggal Deli Sedang menyebutkan, banjir kerap dialami warga bila hujan turun hingga beberapa jam. Drainase yang ada, tidak sanggup menampung debit air yang melimpah.

Rumah di Kecamatan Sunggal Terendam Banjir

“Walau ada aliran drainase, semua itu tidak berguna bila hujan turun hingga berjam-jam lamanya. Air dari Dusun VII yang melimpah, mengalir ke Dusun VI dan kemudian mengalir ke Dusun V sehingga, menimbulkan penumpukan debit air yang berlimpah,” tambah Indra.

Warga Dihantui Rumahnya Kebanjiran

Lebih lanjut diungkapkan Indra, bila musim penghujan tiba, warga dihantui ketakutan karena rumahnya kebanjiran bahkan, air masuk ke dalam rumah warga hingga setinggi hampir 60 Centimeter bahkan lebih.

“Selama ini, pihak Desa Pujimulyo hanya menghabiskan Anggaran Dana Desa bantuan dari Pemerintah Pusat untuk membangun drainase-drainase namun terkesan tidak berguna karena warga tetap kebanjiran,” tegas Indra.

Akan tetapi, lanjut Indra, pihak aparatur Desa Pujimulyo tidak mengerjakan bagaimana cara-cara menanggulangi untuk mengantisipasi banjir susulan agar air tidak sampai melimpah hingga masuk ke rumah warga yang berdomisili di Desa Pujimulyo tersebut.

Saat masalah banjir tersebut hendak dikonfirmasi kepada Herlambang selaku Kepala Desa (Kades) Pujimulyo, orang nomor satu di desa tersebut tidak berhasil ditemui di kantornya Jalan Binjai Km12 Desa Pujimulyo Kecamatan Sunggal Deli Serdang.

Reporter | Dian

Related posts

Leave a Comment