Sergino Dest Resmi Gabung Barcelona dengan Klausul Rp6,9 Triliun

sergino dest

topmetro.news – Barcelona mengkonfirmasi perekrutan Sergino Dest. Bek kanan berkebangsaan Amerika Serikat itu tertebus Barcelona dari Ajax Amsterdam, dengan mahar sebesar 21 juta euro atau sekira Rp366,2 miliar.

Meski begitu, Barcelona bisa memberikan kepada Ajax tambahan 5 juta euro (Rp87,2 miliar) lagi, sebagai bonus jika sejumlah hal yang telah sepakat tercapai. Dest menandatangani konrak berdurasi lima tahun. Yang menyertai dengan klausul penebusan sebesar 400 juta euro (Rp6,9 triliun).

“FC Barcelona dan Ajax telah mencapai kesepakatan untuk transfer Sergino Dest. Biaya operasinya adalah 21 juta euro tambah 5 juta euro dalam variabel,” tulis laman resmi Barcelona, Kamis (1/10/2020).

Dengan demikian, maka kini Sergino Dest menjadi pemain berkebangsaan Amerika Serikat pertama. Yang membela tim senior Barcelona. Sekadar ketahui, Dest sebenarnya memiliki darah keturunan Belanda dari sang ibu.

Kendati demikian, pada ulang tahunnya yang ke-19, ia memilih kewarganegaraan Amerika karena alasan yang sentimentil. Sepanjang kariernya pun, Sergino Dest telah bermain untuk Timnas Amerika U-17 dan U-19.

“Saya besarkan pada negara Belanda. Dan saya tahu bahwa bermain untuk De Oranje (julukan Timnas Belanda). Saya akan bermain dengan beberapa pemain terbaik dunia. Tetapi, itu adalah keputusan yang mendasari pada perasaan,” ujar Dest.

Sergino Dest Terkenal Sebagai Bek Kanan Yang Modern

Sergino Dest terkenal sebagai bek kanan yang modern. Karena ia tidak hanya piawai dalam bertahan, namun juga kerap membantu penyerangan. Kehadiran Dest juga sudah ternantikan oleh Pelatih Barcelona, Ronald Koeman.

Koeman sejatinya sudah jatuh hati dengan Sergino Dest kala ia masih menangani Timnas Belanda. Koeman sebenarnya berharap agar Dest mau bergabung dengan De Oranje. Akan tetapi, sang pemain lebih memilih warga negara Amerika.

Menurut Koeman, perekrutan Sergino Dest adalah sesuatu yang tepat. Sebab, Dest bakal menjadi aset penting dan jangka panjang untuk kubu Blaugrana.

“Ia adalah seorang bek sayap muda, ini tentang memiliki pemain muda untuk masa depan klub. Ia harus bersaing dengan bek sayap lainnya yang kami miliki. Terlepas dari usia, ia memainkan banyak pertandingan, bermain pada Liga Champions. Pemain yang sangat berguna,” jelas Koeman.

reporter | yofe

Related posts

Leave a Comment