Bukan Ditembaki, Jet Tempur China Jatuh Diserang Burung

Jet Tempur China

TOPMETRO.NEWS – Satu jet tempur China dikabarkan jatuh setelah mendapat serangan dari sekawanan burung. Mesin pesawat itu dikabarkan mendadak mati pada sesi latihan tempur.

Harian Tentara Pembebasan Rakyat China melaporkan pilot yang mengendalikan pesawat, Wang Jiandong mengatakan ia mendapat serangan burung tak lama setelah lepas landas.

Serangan itu mengakibatkan mesin jet mati secara tiba-tiba dan mulai kehilangan daya dorong.

Tak lama, peringatan untuk mematikan mesin mulai berkedip tampilan layar berubah hitam. Setelah 5 detik, daya cadangan darurat menyala dan tampilan layar kokpit sempat dipulihkan.

Wang sempat mencoba mendorong pengontrol (throttle) manual untuk meningkatkan daya dorong. Namun throttle tidak merespons karena mesin sudah mati total.

Ketika kejadian, pesawat hanya berjarak 272,7 meter dari tanah. Sadar jika ia tidak punya waktu untuk mendarat ke pangkalan dan jet akan segera jatuh, Wang kemudian mengaktifkan mode kursi pelontar.

Juru bicara pemerintah China mengatakan, Wang mengarahkan pesawat jet menjauh dari permukiman warga sebanyak tiga kali dalam waktu 37 detik dan mengarahkannya ke sawah sebelum jatuh di ketinggian 75,9 meter di atas tanah.

Wang berhasil mendarat dengan selamat di kebun terdekat. Sementara pesawat jatuh di area persawahan.

Setelah diselidiki Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China, mereka memastikan kecelakaan itu disebabkan benturan burung pada mesin pesawat tempur saat lepas landas, sehingga menyebabkan mesin berhenti bekerja.

Namun, laporan itu tidak menyebutkan waktu dan lokasi kejadian. Pihaknya juga menyatakan Wang, anggota Komando Teater Selatan PLA.

Belum jelas pesawat jenis apa yang terlibat dalam insiden itu dan tidak ada lokasi atau tanggal yang diberikan selain “awal musim gugur”.

Satu-satunya petunjuk mengenai jenis pesawat itu, gambar stok yang digunakan dalam artikel yang dimuat, termasuk sebuah J-10 Chengdu di landasan pacu.

BACA SELENGKAPNYA | Pesawat Angkut Militer Jatuh, 22 Orang Tewas

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, pesawat angkut militer jatuh mengakibatkan 22 orang tewas dalam kejadian itu. Pesawat angkut militer yang membawa 28 orang itu dilaporkan jatuh dan terbakar di Timur Laut Ukraina, Jumat (25/9/2020) malam waktu setempat.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Sabtu (26/9/2020), dua orang lainnya yang terluka telah dibawa ke rumah sakit dan dalam kondisi serius. Petugas penyelamat sudah ada di lokasi.

reporter | jeremitaran
sumber | mistar/TaiwanNews

Related posts

Leave a Comment