Jadikan Semua Tempat itu Sekolah dan Semua Orang Adalah Guru

setiap orang adalah guru

topmetro.news – Berbagai upaya dilakukan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih bagus lagi. Dan harus bisa menjadikan suatu tempat itu jadi tempat belajar (sekolah). Serta jadikan setiap orang itu adalah guru, ketika ilmunya memang benar-benar mendidik dan berguna bagi kita.

Hal ini menjadi panduan kita pada masa Pandemi Corona Virus (Covid-19) yang melanda seluruh dunia ini.

Demikian pernyataan oleh Ilyas Sitorus selaku Kadis Pendidikan Batubara, Rabu (8/10/2020). Ia menyampaikannya pada kegiatan penyuluhan pendidikan dalam rangkaian kegiatan non-fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 yang terlaksana oleh Kodim 0208/AS. Bertempat Aula Kantor Desa Kuala Gunung, Kecamatan Datuk Lima Puluh, Kabupaten Batubara.

“Kita harus bisa menjadikan suatu tempat itu jadi tempat belajar (sekolah). Serta jadikan setiap orang itu adalah guru, ketika ilmunya memang benar-benar mendidik dan berguna bagi kita,” katanya.

Peran Orangtua Dalam Pendidikan

Ilyas Sitorus juga mengatakan, bahwa peran orangtua dalam pendidikan anak harus mampu menjadikan rumah seperti sekolah. “Rumahku sekolahku, sekolahku rumahku. Tidak ada orangtua yang ingin melihat kegagalan pada anaknya. Baik pada masa sekarang dan masa yang akan datang,” terang mahasiswa Program Doktor Universitas Negeri Medan ini.

Ia menerangkan, orangtua adalah pendidik yang pertama dan utama. “Kenapa kita sebut yang pertama? Karena orangtua yang memberikan pendidikan untuk pertama kalinya bagi anak,” katanya.

“Mengapa yang utama? Karena orangtua yang memiliki tanggung jawab, kewajiban dan otoritas untuk menjadikan anak sesuai cita-citanya, cita-cita keluarga, bangsa, negara dan agama,” ungkap Kadis Pendidikan Batubara itu.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment