Kemenpan RB Beri Penguatan WBK/WBBM Pada Kanwil Kemenkumham Sumut

Kanwil Kemenkumham Sumut

topmetro.news – Menjelang pelaksanaan penilaian pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM oleh Tim Penilai Nasional (TPN), Kanwil Kemenkumh Sumut (Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara) kembali melakukan penguatan terkait akselerasi pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM pada Satuan Kerja (8/10/2020).

Pada kegiatan tersebut, turut mengundang Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, H. Jufri Rahman. Selain di Kanwil Kemenkumham Sumut, kegiatan itu juga dilakukan secara virtual dan diikuti seluruh Unit Pelayanan Teknis (UPT) se-Sumatera Utara.

Harapan Kanwil Kemenkumham Sumut

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Sutrisno dalam sambutannya, berharap melalui kegiatan tersebut, jajaran Kemenkumham Sumut mendapat masukan mengenai Zona Integritas dan Reformasi Birokrasi. Selain itu, perlu diketahui hal-hal yang dapat dilakukan untuk meraih predikat WBK/WBBM.

Sementara Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB, Jufri menerangkan beberapa hal penting mengenai Pembangunan Zona Integritas yakni, pentingnya memberikan kesan yang baik dan bersahabat kepada penerima layanan. Lalu memaparkan kondisi before-after dalam 6 area perubahan, serta melakukan pemantauan berkala atas progress pembangunan ZI.

Selain itu, perlu juga dilengkapi pendukung layanan dengan penunjuk arah, kepentingan penerima layanan harus didahulukan, menyiapkan kompensasi jika layanan tidak sesuai dengan yang dijanjikan, membuat inovasi berorientasi peningkatan pelayanan, lakukan survey mandiri, predikat WBK/WBBM tidak bersifat permanen, pemberi layanan harus berempati kepada penerima layanan, lakukan pengawasan internal, dan tingkatkan profesionalitas SDM.

Setelah memberi penguatan di Kanwil Kemenkumham Sumut, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB, Jufri Rahman, didampingi Kakanwil Kemenkumham Sumut, Sutrisno, Kadiv Administrasi, Betni Humiras Purba, Kadiv Keimigrasian, Silvester Sili Laba, dan Kadiv Pemasyarakatan, Pujo Harinto, juga meninjau pembangunan Zona Integritas di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan.

Dalam kunjungan itu, Jufri memberikan sejumlah masukan kepada Kakanim Kelas I Khusus Medan, Supartono untuk mempertahankan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang sudah diraih Kanim Kelas I Khusus Medan. Seperti, memberikan petunjuk arah, banner atau keterangan bahasa Inggris pada fasilitas-fasilitas pelayanan publik.

Jufri juga mengapresiasi usaha yang dilakukan dalam pembangunan ZI dan berharap Kanimsus Medan dapat mempertahankan predikat WBBM-nya dan Lapas Medan dapat meraih predikat WBK.

Kanwil Kemenkumham Sumut kembali melakukan penguatan terkait akselerasi pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM pada Satker. Baca disini

Reporter l Thamrin Samosir

Related posts

Leave a Comment