Bupati Batubara: Tahun Depan Laksanakan TMMD Tempat Bersejarah

Pelaksanaan TMMD tahun depan

topmetro.news – Pelaksanaan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) tahun depan untuk wilayah Kodim 0208/AS, harusnya terlaksana pada tempat-tempat bersejarah.

Demikian kata Bupati Batubara Ir H Zahir MAP, Senin (12/10/2020), bertempat aula rumdis bupati, Komplek Perumahan PT. Inalum, Kelurahan Perkebunan Siparepare, Kecamatan Seisuka, Kabupaten Batubara.

Pada saat itu berlangsung acara paparan TMMD ke 109 Kodim 0208/Asahan Tahun 2020 kepada Tim Wasev TNI TMMD.

Kata bupati, ia mengusulkan hal itu, karena ingin melestarikan tempat-tempat bersejarah untuk menjadi lokasi wisata. Hal ini itu bertujuan memajukan objek wisata yang ada pada seputaran Kabupaten Batubara.

“Apalagi lagi, Pelabuhan Kuala Tanjung sudah ada di Kabupaten Batubara. Tentunya ini akan mendatangkan para wisatawan baik lokal maupun non-lokal,” katanya.

Menanggapi hal itu, Brigjen TNI Darmono Susastro SIP (Irum Itjenad) selaku Tim Wasev TNI TMMD ke 109, sangat mendukung penuh. “Ini membuktikan Bupati Batubara punya pemikiran milenial,” ujarnya.

Ikon Batubara

Ketua DPRD Batubara Muhammad Syafi’i juga menyampaikan hal senada. “Memang tempat-tempat bersejarah ini harus banyak kita gali. Karena ini bisa menjadi ikon wisata. Baik itu daerah maupun nasional,” terangnya.

Lanjutnya, ketika menjadi ikon nasional, maka bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah. “Nah berarti kan ada feedbacknya. Dan juga ada kelestarian lingkungan. Dan ada keuntungan yang kita dapatkan. Makanya kita dukung itu,” ungkapnya.

Ia tambahkan, karena situs sejarah cukup banyak, maka Batubara ini punya filosofis yang luar biasa. Dan ini bisa menjadi edukasi pemahaman untuk masyarakat. Terutama sekali yang dari luar Kabupaten Batubara.

Pada acara paparan TMMD ke 109 Tahun 2020 itu, hadir Brigjen TNI Darmono Susastro SIP (Irum Itjenad) beserta Tim Wasev. Bupati Batubara Ir H Zahir MAP beserta unsur kadis terkait dan Ketua DPRD Batubara M Syafi’i SH. Kemudian, Dandim 0208/As Letkol Inf Sri Marantika Beruh SSos selaku Dansatgas TMMD ke 109 beserta jajaran. Berikut unsur Forkopimda Batubara.

penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment