You are here
Sadis!!! JR Saragih Pecat 700 Guru Honorer, 6 Bulan tak Digaji Daerah 

Sadis!!! JR Saragih Pecat 700 Guru Honorer, 6 Bulan tak Digaji

TOPMETRO.NEWS – Malang benar nasib 700 guru honorer di Simalungun ini. Diangkat dengan SK tapi mereka dipecat dengan Surat Edaran (SE). Rabu Pagi (26/4), ratusan massa guru honorer menggelar aksi demonstrasi ke DPRD Sumut. Mereka mengaku dipecat semena-mena oleh Bupati Simalungun JR Saragih. Tidak itu saja, 6 bulan gaji mereka juga tidak dibayar.

Jon Roi Purba Ketua Lembaga Kajian Pendidikan dan Politik (LKP2) di sela-sela aksi demo itu menduga Pemkab Simalungun telah melakukan Maladministrasi.  Sebab para guru diberhentikan hanya melalui surat edaran, padahal para guru diangkat dengan SK.

Anehnya lagi, para guru tersebut diberhentikan hanya dengan alasan guru berlebih. Sementara Pemkab Simalungun kembali merekrut guru di awal tahun 2017 tanpa transparansi, tidak terbuka dan ditutup-tutupi.

“Perekrutan ini membuktikan adanya kekurangan guru di Simalungun. Sementara ada 700 guru honor yang dipecat dan ditelantarkan. Enam bulan gajinya tidak dibayar. Ini tidak manusiawi..!” teriak Purba.

Selain itu menurut Jon Roi Purba, alasan lain dari pemecatan ini juga terkesan tidak masuk akal. Hanya karena anggaran untuk membayar gaji guru honor tidak cukup.

”Padahal di APBD Simalungun telah dianggarkan Rp8,3 miliar untuk gaji guru honor dengan nominal Rp 1 juta per bulan, dan kami hitung semestinya anggaran itu cukup untuk satu tahun. Ini jadi dasar kita memperjuangkan guru. Tidak mungkin juga anggaran dihitung kurang dari satu tahun”. 

Sebagaimana diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, ratusan massa yang terdiri dari kalangan guru honorer menggelar aksi demonstrasi ke gedung DPRD Sumut dan Pemprovsu tadi pagi. Mereka berharap DPRD Sumut harus memanggil dan meminta pertanggungjawaban JR Saragih sebagai Bupati Simalungun yang kini digadang-gadang menjadi salah seorang bakal calon (balon) Gubsu di Pilgubsu mendatang itu. (editor3)

 

1.725 kali dibaca

Berita Lainnya

5 thoughts on “Sadis!!! JR Saragih Pecat 700 Guru Honorer, 6 Bulan tak Digaji

  1. jondearman purba

    Ailakan, tongon do on?

  2. harepa

    Itu bupati yang milih siapa ya, mari pikirkan bersama, bupati diikuti, diturunkan, atw dibiarkan aja

  3. Okto

    Isu hangat…. Bupati pecat guru honorer lama,agar bisa rekrutmen baru dengan bayaran…..dan untuk pns yang sudah-sudah,harus setor upeti,jika tidak,dipindahkan atau di bebas tugas kan,sunguh prihatin,dan isunya untuk ongkos Sumut 1,dia kira Sumut itu hanya Simalungun mungkin,jalanan daerah diluar kampung nya,percis kayak jalan ke kebun,miris

  4. parah sampai segitunya! kenapa si sumut selalu dapat berita seperti itu padahal banyak pariban korbannya apa sudah lupa tali persaudaraa???????

  5. arigato

    Dang porlu jolma Songon ho pejabat di negara on,sega baenonmu negara on,dang adong monang ho gabe pejabat museng molo songoni pangalahonai ,tumangon mundur,habis uang mi ,sayangi uang mi ,unang habis sia sia

Leave a Comment