JR Saragih ‘Digoyang’, Diiming-imingi PNS, 700 Guru Honorer Ternyata Dipecat

TOPMETRO.NEWS – Keberadaan Bupati Simalungun, JR Saragih yang digadang-gadang sebagai salah satu bakal calon (balon) Gubsu di kancah Pilgubsu mendatang ‘digoyang’. Tadi pagi ratusan massa yang terdiri dari guru honorer mengadukan nasibnya ke gedung DPRD Sumut dan Pemprovsu. Mereka mempersoalkan kasus pemecatan 700 guru honorer. Mirisnya, ternyata 6 bulan gaji mereka hingga kini belum dibayar Pemkab Simalungun.

”Pemecatan 700 guru honorer Simalungun sepihak! Kasus pemecatan itu pun menyalahi aturan karena hanya melalui surat edaran. Mestinya dengan surat keputusan (SK),” kata Ganda Armando Silalahi, Ketua Forum Guru Honor Simalungun (FHGS) disela-sela aksi demo hari ini.

Menurut Silalahi, pihaknya sudah berjuang sejak tahun 2013 namun belum mendapatkan respons postif dari Pemkab Simalungun. Guru-guru bahkan sudah melaporkan dugaan maladministrasi itu ke Ombudsman RI Perwakilan Sumut, DPRD Simalungun, DPRDSU dan Gubernur.

“Kami menuntut karena kami diperlakukan secara tidak adil oleh Bupati Simalungun JR Saragih. Kami diiming-imingi akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun sampai sekarang tidak diangkat. Bahkan kami dipecat hanya melalui surat edaran. Kami juga dimintai uang sekitar Rp15 juga oleh oknum di Dinas Pendidikan Simalungun untuk mendapatkan SPT (Surat Perintah Tugas–ini ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan). Jadi kami datang ke DPRD Sumut menyampaikan keluh kesah kami ini. Mereka adalah wakil kami. Dan kami sudah ditelantarkan Bupati dan DPRD Simalungun,” pungkasnya.

Ganda berharap agar gaji 6 bulan itu segera dibayarkan kepada guru-guru honor Simalungun. Dia juga meminta kepada Bupati Simalungun agar guru-guru honor ini kembali diterima tanpa ada embel-embel apapun termasuk mengutip uang secara ilegal.

Sebagaimana diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, ratusan massa yang terdiri dari kalangan guru honorer menggelar aksi demonstrasi ke gedung DPRD Sumut dan Pemprovsu, tadi pagi. Mereka berharap DPRD Sumut harus memanggil dan meminta pertanggungjawaban JR Saragih sebagai Bupati Simalungun. (editor3)

Related posts

Leave a Comment