Gubernur Sumut dan Bupati Karo Perkuat Perencanaan Mobilitas Perkotaan Mebidangro

Gubernur Sumut dan Bupati Karo

topmetro.news – Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH berkomitmen mendukung, mewujudkan, memprioritaskan, memperkuat dan melakukan perencanaan mobilitas perkotaan berkelanjutan (Sustainable Urban Mobility Plan) untuk kawasan perkotaan Medan-Binjai-Deliserdang-Karo (Mebidangro).

Penandatangan komitmen tersebut dilakukan Gubernur Sumut, Bupati Karo, Pjs Wali Kota Medan Arief Sudarto Tri Nugroho, Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan, dan Wali Kota Binjai H M Idaham. Berlangsung, Kamis (22/10/2020), bertempat kediaman Gubernur.

Ada pun ke lima komitmen tersebut, yakni mendukung kebijkan dalam penanganan emisi mobilitas perkotaan untuk mewujudkan transportasi rendah karbon yang berkelanjutan untuk kawasan perkotaan Mebidangro.

Kedua, mewujudkan akses yang aman ke sistim transportasi massal rendah karbon, selamat, bersih, handal dan terjangkau. Sebagai salah satu kebutuhan dasar kawasan perkotaan Mebidangro.

Ketiga, memprioritaskan sistim mobilitas perkotaan berkelanjutan kawasan perkotaan Mebidangro, yang menginterigasikan transportasi publik, pengguna sepeda, pejalan kaki dan solusi rendah karbon. Yakni dalam perencanaan dan pengembangan kebijakan alokasi anggaran publik.

Keempat, memperkuat perencanaan dan implementasi mobilitas perkotaan yang partisipatif. Melalui koordiansi kelembagaan antara pemerintah pusat dan daerah, sektor swasta dan masyarakat dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Kelima, melakukan penyelarasan dan pengintegrasian program dan kegiatan dalam dokumen perencanaan daerah. Untuk mewujudkan sistim transportasi massal rendah karbon yang berkelanjutan kawasan perkotaan Mebidangro.

Dalam kesempatan itu Edi Rahmayadi menyebutkan, pembangunan Mebidangro ini diawali dari wilayah Deliserdang yang akan dibangun sport center, yang telah dipaparkan Tim Badan Pembangunan keuangan Prancis AFD (Agence Française Development) selaku pelaksana manajemen proyek (kick off).

Sedangkan wilayah Kabupaten Karo rencana akan berawal dari pembangunan jalan layang pada satu titik, seusai dalam isi butir komitmen bersama.

Dukungan Pemkab Karo

Menanggapi hal itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana menegaskan, bahwa Pemkab Karo dari awal tetap komit dan eksis mendukung Perpres 62/2011 tentang pembangunan Mebidangro.

“Pemkab Karo sangat berterimakasih kepada Gubernur Sumut yang telah memperhatikan kondisi Jalan Medan-Berastagi yang selama ini menjadi perhatian publik. Pasalnya kerap mengalami kemacatan yang sangat panjang,” ujar Terkelin.

Mendengar adanya rencana pembangunan jalan layang Jalur Medan-Berastagi, Bupati Karo mengaku sangat mengapreisasi. Karena sangat membantu bagi Pemkab Karo dan kabupaten lainnya yang menggunakan jalur tersebut.

Turut hadir dalam penandatanganan komitmen tersebut, Tim Badan Pembangunan Keuangan Prancis AFD, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi MSi. Juga Kadis Perhubungan Karo Gelora Fajar Purba SH dan Kabag Umum dan Perlengkapan Hotman Brahmana.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment