Jemaat GBKP Kemenangan Tani KM 12 Terpaksa Kebaktian di Pinggir Jalan Jamin Ginting Medan

jemaat GBKP Kemenangan Tani

topmetro.news – Puluhan jemaat GBKP Kemenangan Tani KM12 Kelurahan Kemenangan Tani, Kecamatan Medan Tuntungan, terpaksa melakukan kebaktian pada trotoar/pinggir Jalan Jamin Ginting depan gedung gereja tersebut, Minggu (25/10/2020).

Hal itu karena kelompok pimpinan Pdt MP yang menguasai gereja, tidak mengizinkan mereka memasuki kompleks gereja.

Menurut Ketua Tim 12 yang merupakan kelompok yang berkebaktian pada trotoar, Terkelin Eritana, pihaknya hanya meminta untuk melakukan kebaktian dalam gereja dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ataupun live streaming. Karena gereja itu milik jemaat bersama dan siapa pun tidak berhak menghalangi maupun melarang orang beribadah.

Tapi permintaan itu tetap mendapat penolakan dari kelompok jemaat pimpinan Pdt MP yang berada dalam gereja. Padahal, Pdt MP sudah dipecat oleh Moderamen GBKP. Dan alasan Pdt MP bertahan adalah dengan alasan, kasus gugatannya ke Moderamen GBKP terkait pemecatannya dan tuntutan ganti rugi pemulihan nama baik MP belum inkrach atau masih tingkat banding.

“Kami dilarang memasuki gereja untuk berkebaktian live streaming, dengan alasan telah dikeluarkan dari GBKP Kemenangan Tani oleh Ibu MP karena kami tidak mau mendukung kasus pemecatan dirinya ke tingkat banding ke Pengadilan Tinggi Medan, sebab sudah kalah di Pengadilan Negeri Kabanjahe,” katanya.

Padahal kasus gugatannya ke Moderamen GBKP, tambah Terkelin, tidak ada hubungannya dengan ibadah ke gereja. “Kami hanya ingin berkebaktian atau live streaming. Soal gugatannya ke Moderamen GBKP itu hak pribadinya. Jangan kait-kaitkan dengan melarang ibadah ke gereja,” ujar Terkelin.

Gereja Milik Bersama

Namun demikian, mantan Ketua Moria GBKP Kemenangan Tani ini berharap agar kasus konflik GBKP Kemenangan Tani yang sudah dalam penanganan Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Medan ini bisa segera selesai.

“Gereja ini milik kita bersama, mari kita gunakan bersama. Silahkan Ibu MP berkebaktian live streaming sesuai jadualnya. Dan berikan juga kesempatan kepada kami Tim 12 berkebaktian live streaming dengan waktu yang berbeda,” ujarnya.

Namun Kelompok MP tidak pernah mengakomodir permintaan itu. Sehingga kelompok Tim 12 terpaksa berkebaktian menggunakan trotoar Jalan Jamin Ginting depan Gedung GBKP Kemenangan Tani KM12 yang kelima kalinya.

Dalam kebaktian Minggu (25/10/2020) kali ini menghadirkan Pdt Jeri Karlo Tarigan, yang menyampaikan khotbahnya dari Kisah Para Rasul 15:30 – 35 (Antiphonal) dengan thema “Ngajar Dingen Meritaken Kata Tuhan”.

Turut hadir Pdt Panca Tarigan, Pdt Ebenezer Depari, Pt Martinus Ginting, Dk Bunuaji Pelawi, Dk Judea Efrata Br Singarimbun, dan puluhan jemaat yang tetap semangat mengikuti kebaktian, walaupun siang itu matahari begitu terik memancarkan sinarnya.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment