TERAPKAN 3M, KANIM KELAS II TPI BELAWAN BATASI PEMOHON

Petugas Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan menerapkan pelayanan di luar ruang kantor. Hal itu bertujuan untuk menghindari penyebaran Covid 19 di areal Kantor Imigrasi Kelas II Belawan.
Advertisement

topmetro.news – Petugas Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan menerapkan pelayanan di luar ruang kantor. Hal itu bertujuan untuk menghindari penyebaran Covid 19 di areal Kantor Imigrasi Kelas II Belawan.

“Kita sengaja membuat pelayanan di luar areal gedung untuk meminimalisir penyebaran Covid 19. Kalau di dalam, penyebaran Covid 19 lebih rentan karena sirkulasi udara tertutup,” kata Kakanim Kelas II TPI Belawan, Berthi Mustika melalui Kasi Insarkom, Jusup P Ginting, kepada topmetro.news, Selasa (27/10).

Disisi lain, kata Jusup, pihaknya tetap menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pada era new nornal seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) pada masyarakat yang melakukan aktifitas di Kanim Kelas II TPI Belawan.

Menghindari penyebaran Covid 19

“Saat masuk areal kantor, petugas akan mengecek suhu tubuh pemohon, lalu diarahkan untuk mencuci tangan pada tempat yang telah disediakan,” tambah Jusup.

Dia mengaku, pihaknya pernah menolak pemohon paspor yang hendak mengurus paspor ke Kanim Kelas II TPI Belawan karena saat di cek, suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius.

“Kita terangkan dan arahkan agar pemohon tersebut terlebih dahulu mengecek kesehatannya di Dinas Kesehatan. Beruntung, pemohon tersebut bisa memahami antisipasi yang kita lakukan,” sebut Jusup.

Untuk pelayanan, kata Jusup, pihaknya juga menerapkan psycal distancing atau jaga jarak. Sehingga, petugas yang bertugas pun dibatasi.

“Dari yang biasanya 4 booth pelayanan, saat ini yang melayani masyarakat hanya 1 untuk pemohon asing dan 1 untuk WNI. Begitu juga tempat duduk pemohon, kita batasi,” urainya.

Baca juga : PETUGAS IMIGRASI POLONIA EDUKASI PEMOHON PASPOR PENTINGNYA 3M

Merebaknya pandemic Covid 19 di Indonesia, membuat seluruh masyarakat lebih disiplin menjaga kebersihan dan kesehatan. Adaptasi Kebiasaan Baru berupa memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) menjadi ‘trend’ baru di tengah-tengah aktifitas masyarakat.

 

Reporter : THAMRIN SAMOSIR

Advertisement

Related posts

Leave a Comment