PETUGAS IMIGRASI POLONIA EDUKASI PEMOHON PASPOR PENTINGNYA 3M

Adaptasi Kebiasaan Baru berupa memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M)

topmetro.news – Merebaknya pandemic Covid 19 di Indonesia, membuat seluruh masyarakat lebih disiplin menjaga kebersihan dan kesehatan. Adaptasi Kebiasaan Baru berupa memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) menjadi ‘trend’ baru di tengah-tengah aktifitas masyarakat.

Di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Polonia, kebiasaan 3M telah diterapkan sejak merebaknya Covid 19. Sesuai instruksi dari pimpinan Imigrasi, setiap masyarakat maupun pegawai yang masuk ke lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I Polonia, wajib diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas security yang berjaga di pintu masuk. Tidak sampai disitu, sebelum masuk ke kantor untuk mendapat pelayanan keimigrasian, masyarakat harus mencuci tangan terlebih dahulu dan tetap menggunakan masker di area perkantoran.

Adaptasi Kebiasaan Baru

“Kalau tidak pakai masker, nanti akan kita berikan masker. Tetapi setelah dicek suhu tubuhnya terlebih dahulu,“ terang Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Polonia, Samuel Toba saat ditemui di kantornya, Selasa (27/10).

Selama berada di dalam kantor, petugas tidak membenarkan masyarakat duduk berdempet-dempetan. Tempat duduk yang disediakan telah dibatasi dan diberi jarak agar tidak berdekatan.

“Jadi tempat duduknya kita beri jarak. Booth pelayanan juga dibatasi karena kuota kita dari pusat juga terbatas. Sebelum Covid 19, kuota permohonan di Kanim Kelas I TPI Polonia mencapai 200 permohonan. Namun sejak Covid 19 ini, kuota kita menjadi 50 permohonan. Setiap haripun tidak pernah memenuhi kuota. Sampai siang ini aja, baru 11 permohonan,” urai Samuel.

Dalam memberikan pelayanan keimigrasian, Samuel mengaku, petugas juga ditekankan untuk mematuhi protokol kesehatan. “Petugas yang bertugas wajib mengenakan masker, dan face shield. Di setiap meja pelayanan juga disediakan hand sanitizer,” tambahnya.

Kontak langsung dengan pemohon juga dibatasi oleh kaca pembatas yang telah disediakan. “Tidak hanya masyarakat yang kita himbau untuk mematuhi protokol kesehatan, tetapi anggota juga saat melayani masyarakat harus patuh terhadap protokol kesehatan,” tekannya.

Pasca pandemi Covid 19, kata mantan Kakanim Kelas II TPI Belawan itu, pihaknya juga rutin melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap pegawai. Obat maupun vitamin penambah daya tahan tubuh juga rutin diberikan kepada masing-masing petugas agar saat  bertugas dalam kondisi sehat dan bugar.

Pentingnya Protokol Kesehatan 3M

“Kalau ada petugas yang mengabaikan protokol kesehatan, tentu akan kita tegur. Namun, sampai saat ini belum ada yang lalai karena kita sama-sama menyadari pentingnya mematuhi protokol kesehatan. Saat memberikan layanan, kita juga mengedukasi masyarakat agar tertib mematuhi 3M untuk kepentingan bersama,“ paparnya seraya menyebutkan himbauan juga disampaikan melalui banner yang tersedia di beberapa pojok di ruangan Kanim Kelas I TPI Polonia.

REPORTER : THAMRIN SAMOSIR
Medan – Sumatera Utara

Related posts

Leave a Comment