18 Jam Tertimbun Puing Gedung, Ibu dan 3 Anaknya Selamat

Tertimbun Puing Gedung

topmetro.news – Tertimbun puing gedung yang roboh di Turki, Sabtu (31/10/2020), seorang ibu dan tiga anaknya dilaporkan selamat. Ajaibnya, mereka telah terperangkap dibawah puing selama hampir 18 jam, pasca gempa kuat yang menewaskan sekitar 27 orang.

“Upaya terus dilakukan untuk membebaskan anak keempat,” ungkap siaran televisi setempat.

Gempa bumi pada Jumat menghancurkan sekitar 20 gedung di kota pelabuhan Aegean, Izmir, tempat penyelamatan terjadi.

“Lebih dari 800 orang terluka di Turki, dan daerah itu dilanda sekitar 520 gempa susulan,” ungkap pernyataan badan bencana Turki.

“Operasi pencarian dan penyelamatan selesai di delapan gedung di Izmir, sementara itu berlanjut di sembilan gedung lainnya,” papar pernyataan para pejabat.

Gempa bumi itu mengguncang Turki dan Yunani dengan kekuatan 7,0 Skala Richter (SR). Gempa tersebut sempat mengakibatkan tsunami kecil di wilayah pesisir Turki.

Saat ini warga masih ketakutan tinggal di dalam gedung karena terus terjadi gempa susulan. Mereka memilih tidur di tenda atau ruang terbuka di sekitar gedung tempat tinggal mereka yang telah hancur atau rusak.

BACA SELENGKAPNYA | Turki Diguncang Gempa 7.0 SR, Puluhan Tewas, Ratusan Luka-luka
topmetro.news – Turki diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 7,0 Skala Richter (SR) melanda Laut Aegea. Akibat peristiwa itu puluhan orang dilaporkan meninggal dunia, sementara ratusan orang luka-luka.

Gempa dahsyat itu dirasakan di bagian Turki barat dan menghancurkan bangunan di kota pesisir sana.

Dilansir dari CNN, Jumat (30/10/2020), orang-orang di kota Izmir, Turki, berkumpul di jalan-jalan setelah menyelamatkan diri dari gedung. Setidaknya ada 20 bangunan hancur di Izmir.

Selain itu, Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu lewat Twitter mengatakan gempa juga menghancurkan bangunan di Bornova dan Bayrakli.

“Tim kami melanjutkan sejumlah tindakan di lapangan,” kata dia.

Tak ada laporan langsung terkait korban jiwa di kota-kota yang terkena dampak.

USGS melaporkan gempa tersebut melanda 14 kilometer (8,7 mil) timur laut kota Néon Karlovásion di pulau Somos, Yunani.

reporter | jeremitaran

sumber | mistar/sindo

Related posts

Leave a Comment