Kunjungi TK Pembina, Kadisdik Batubara: Hindari Kata Jangan ke Anak TK/PAUD

TK Pembina Sumber Padi

topmetro.news – Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus mengunjungi TK Pembina Desa Sumber Padi Kecamatan Limapuluh, Batubara, Senin (16/11/2020). Dalam kunjungan itu, Ilyas datang bersama anggota DPRD Batubara, Citra Mulyadi Bangun dan rombongan.

Ada pun maksud kunjungan adalah, ingin meninjau langsung suasana kegiatan pembelajaran tatap muka atau proses belajar-mengajar.

Menurut Ncekli, sapaan akrab Kadisdik Batubara itu, bahwa pembangunan TK Pembina ini adalah pada tahun 2011. “Kebetulan pengelola kegiatannya saat itu adalah saya semasa bertugas di Dinas Pendidikan Sumatera Utara,” katanya.

“Taman kanak-kanak ini diresmikan langsung Direktur Pembinaan TK dan SD Kemendiknas saat itu, Dr Ibrahim Bafadal MPd. Dengan penuh kemeriahan,” sebut Ilyas sambil meceritakan mulai pembangunan sampai dengan peresmiannya kepada guru-guru dan tamu yang kebetulan bersama pada lokasi TK Pembina tersebut.

Ilyas juga mengajak semua warga untuk bersama membesarkan TK itu dengan kerja keras semua pihak. Termasuk dukungan masyarakat sekitar. Apalagi TK itu belum memiliki pengaman seperti pagar.

Kadisdik itu juga mengucapkan terimakasih kepada guru-guru yang sudah bekerja dan mengabdi sejak TK berdiri. “Begitu juga kepada masyarakat sekitar telah ikut bersama menjaga UPTD TK kita ini,” papar Ilyas.

Apresiasi Guru TK Pembina

Ilyas mengatakan dirinya sangat mengapresiasi jerih payah guru-guru TK Pembina. Ia menjelaskan, kunjungannya memang bersifat mendadak karena ingin melihat langsung keadaan TK Pembina.

“Oleh karennya jangan sekali-kali sampai anak tersakiti karena itu akan meninggalkan bekas yang panjang dalam ingatan anak. Termasuk penggunaan kata-kata ‘jangan dan jangan’. Ini kata-kata yang mematikan kreatifitas anak didik kita,” pungkas mahasiswa Program Doktor Unimed ini.

Sementara anggota DPRD Batubara, Citra mengatakan, bahwa mereka ingin melihat lebih dekat proses belajar-mengajar. “Ingin melihat kelebihan dan kekurangannya, efektifitas kegiatan PAUD. Khususnya pada masa pandemi ini,” ujar Citra.

Masih menurut Citra, setelah berkunjung, mereka akan mendiskusikan prioritas dari kebutuhan sesuai harapan warga sekolah. Apakah pembangunan pagar, rehab, atau alat bermain. “Tentunya semua itu kami akan diskusikan, mengingat keterbatasan anggaran yang kita miliki. Sebagaimana kata kadisdik tadi,” ujar Citra.

Sementara Plt Ka UPTD TK Pembina Susiwinarty menyampaikan, agar Kadisdik Ilyas dan anggota DPRD Batubara, Citra, dapat membantu keberadaan TK Pembina.

Susi juga menyampaikan beberapa harapan guru-guru. Salah satunya rehabilitasi, pembangunan pagar, alat bermain dalam dan luar ruang, serta kebutuhan lainnya.

Kadisdik dan anggota dewan pun menerima semua harapan Kepala UPTD TK Pembina dan guru-guru. Kadisdik mengatakan, semua itu akan menjadi perhatian pada 2021.

reporter | Bima Pasaribu

Related posts

Leave a Comment